Sukses

Kini Bisa Nonton Video Virtual Reality di Youtube Android

Liputan6.com, Jakarta - YouTube baru-baru ini merilis dua fitur baru untuk pengguna aplikasinya di Android. Dengan maksud memperkaya pengalaman pengguna untuk menonton video di YouTube. Sekarang aplikasi YouTube di Android dapat memutar video-video khusus virtual reality.

Untuk dapat melakukannya, pengguna cukup memilih video di YouTube yang sudah mendukung virtual reality. Lalu pengguna cukup memasang smartphone-nya ke Google Cardboard dan merasakan pengalaman menonton video virtual reality langsung dari smartphone. 

Mengutip informasi dari laman Reuters, Selasa (10/11/2015), YouTube menyebutkan sudah ada kira-kira selusin video virtual reality yang tersedia, termasuk salah satunya video dari film Hunger Games. Nantinya, pembuat konten virtual reality juga dapat langsung mengunggah videonya yang kompatibel dengan Google Cardboard langsung lewat YouTube.

Tidak hanya itu, YouTube juga mengumumkan bahwa penonton dapat langsung melihat daftar video yang mendukung virtual reality langsung menggunakan Google Cardboard. Video-video tersebut nantinya akan ditampilkan secara langsung layaknya menonton di layar teater IMAX.

Kehadiran fitur baru ini di YouTube menurut beberapa pihak merupakan hal yang lumrah. Terlebih sebelumnya, YouTube juga sudah memperkenalkan fitur 3D di tahun 2009 dan mengadopsi video dengan high-definition

"Tidak mengejutkan bahwa YouTube akan menambahkan fitur virtual reality di layanannya," ujar Neil Schneider, Executive Director of VR Trade Organization Immersive Technology Alliance."

Schneider juga menuturkan kehadiran fitur ini dapat membuat publik merasakan pengalaman menonton konten berkualitas tinggi. Namun, di sisi lain kreator video amatir akan sulit untuk membuat video seperti ini sebab harga perangkat VR yang cukup mahal. Kendati fitur ini baru bisa dinikmati pengguna Android, YouTube memastikan bahwa pengguna iOS dapat juga merasakannya dalam waktu dekat.

(dam/cas)