Sukses

Aktris Cantik Hedy Lamarr Mejeng di Google Doodle Hari Ini

Liputan6.com, California - Cantik dan jenius, dua kata itu pasti terbesit di benak Anda ketika melihat sosok Hedy Lamarr yang muncul di halaman pencarian Google pada hari ini, Senin (9/11/2015).

Sebagian dari Anda mungkin tidak familiar dengan sosok wanita yang pada hari ini genap menginjak umurnya yang ke-101 tahun. Siapakah dia?

Google Doodle Hedy Lamarr (Doc: Google)

Berdasarkan informasi yang dilansir langsung dari Telegraph, Hedy Lamarr adalah seorang aktris yang juga merangkap sebagai ahli matematikawan. Jelas saja, gelar `brain and beauty` dinobatkan kepada dara kelahiran Wina, Austria, 9 November 1914 ini.

Baca Juga

Wanita yang memiliki nama asli Hedwig Eva Maria Kiesler ini, pertama kali dikenal karena kontribusinya dalam penemuan komunikasi nirkabel ketika ia hendak meredakan ancaman militer selama Perang Dunia II.

Pada saat itu, ia berhasil mengembangkan versi awal teknologi komunikasi spektrum yang kelak akan menjadi konsep dasar teknologi nirkabel seperti Bluetooth dan WiFi.

Selain prestasi gemilangnya di dunia teknologi, kiprah Lamarr di dunia entertainment begitu menggema. Awalnya, ia membintangi film berjudul Ecstasy pada tahun 1933 silam. Setelah itu, namanya langsung melambung karena perannya yang begitu ekstrem, tampil vulgar tanpa satu helai busana di film tersebut.



Tak berhenti disitu, nama Lamarr pun langsung meroket di ranah Hollywood. Ia sempat mengambil kontrak di salah satu studio film terkenal Amerika Serikat (AS), Metro Goldwyn Meyer (MGM).

Dari tahun 1940 sampai 1949, ia tampil di sebanyak 18 film yang mampu membuat eksistensinya di dunia perfilman sangat diperhitungkan. Selepas dari MGM, nama Lamarr pun kembali melejit dan mendulang sukses besar-besaran lewat salah satu filmnya, Samson dan Delilah pada 1949 silam.

(jek/cas)