Sukses

Apple Blokir Celah Jailbreak iOS 9

Apple langsung memblokir celah jailbreak iOS 9 yang diciptakan Pangu, dengan kata lain jailbreak tak bisa lagi dilakukan di iOS 9

Liputan6.com, Cupertino - Sistem operasi teranyar Apple -- iOS 9, diklaim menjadi sistem operasi paling aman dan kebal terhadap jailbreak para hacker. Bahkan, salah satu perusahaan keamanan siber Zerodium sempat mengumumkan jika ada yang berhasil menemukan jailbreak di iOS 9, maka mereka akan memberikan hadiah Rp 14,5 miliar.

Pada pekan lalu, tim Pangu Jailbreak -- kumpulan para hacker perangkat iPhone asal Tiongkok yang terkenal dengan keahliannya membobol sistem operasi Apple -- berhasil menguak celah jailbreak di iOS 9. Namun, pada Kamis (22/10/2015), Apple langsung memblokir celah jailbreak iOS 9 yang diciptakan Pangu, dengan kata lain jailbreak tak bisa lagi dilakukan di iOS 9.

Komunitas hacker yang namanya sudah menggaung di dunia peretasan sistem operasi Apple ini mengaku bahwa mereka telah sukses melakukan jailbreak di beberapa seri iPhone (4s, 5/5c/5s, 6/6 Plus, dan 6s/6s Plus); iPad (2, 3 dan 4, iPad Air/Air 2, iPad mini, iPad mini 2/3/4) serta iPod touch.

Mengutip informasi yang dilansir laman Tech Crunch, Apple menghadirkan dua pembaruan sebagai langkah untuk menambal celah keamanan di iOS 9. Salah satunya berfungsi untuk menghadang malware yang bisa menyelinap ke dalam inti sistem operasi.

Selain menutup celah jailbreak di versi iOS 9.0, Apple juga merilis pembaruan iOS 9.1 di hari yang sama. Tak lama setelahnya, Pangu langsung merilis tool jailbreak terbaru mereka dengan versi 1.1.0.

Versi ini lebih stabil dari versi jailbreak sebelumnya, dan bisa digunakan di versi iOS 9.0.2. Namun, mereka belum mengungkap apakah jailbreak tersebut memungkinkan untuk digunakan di iOS 9.1.

Jailbreak memang menjadi sebuah `gerakan bawah tanah` para pengguna iOS yang ingin mengoprek sistem operasi tersebut dengan cara ilegal, seperti mengunduh berbagai aplikasi gratis. Sebetulnya, jailbreak sendiri merupakan tindakan yang bisa melanggar sistem keamanan iOS.

Sejauh ini, ditemukan malware yang mampu merusak sekitar 225.000 pengguna Apple yang telah men-jailbreak iPhone-nya. Jailbreak sendiri bukan hanya melanggar End User License Agreement, yang bisa mematikan garansi perangkat iOS, namun juga melemahkan sistem keamanan perangkat menjadi rentan terhadap virus.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.