Sukses

Prosesor Terbaru Skylake Andalan Intel Mejeng di Opera House

Intel memperkenalkan prosesor terbaru andalannya, 6th Gen Core, yang menggunakan nama kode `Skylake`.

Liputan6.com, Sydney - Intel memperkenalkan prosesor terbaru andalannya, Intel Core Generasi ke-6 (6th Gen Core) yang menggunakan nama kode `Skylake` di acara Intel 6th Gen Experience Summit yang digelar di Playhouse, salah satu gedung pertunjukan di Sydney Opera House.

Lebih dari 50 perangkat bersenjatakan prosesor Intel 6th Gen Core dipamerkan di acara ini. Intel Corporate Vice President and General Manager of Desktop Client Platforms, Gregory Bryant, mengklaim ini adalah showcase terbesar Intel 6th Gen Core di dunia.

Bryant mengatakan 6th Gen Core i7 6700K adalah prosesor "terbaik" yang pernah dibuat Intel. Prosesor ini menawarkan performa 2,5 kali lebih baik dari generasi sebelumnya, dapat menghemat masa pakai baterai tiga kali lebih lama dan 30 kali peningkatan grafis.

"Ini adalah sebuah lompatan yang besar. Anda akan melihat desain laptop yang setengah lebih tipis dari sebelumnya, setengah lebih ringan dari berat sebelumnya," kata Bryant.  


Pada presentasinya, Bryant mengangkat-angkat laptop Toshiba Satellite dengan prosesor 6th Gen Core i7 yang tipisnya hanya 15mm dengan berat 1,3 kg. Perangkat lain yang dipamerkan selama presentasi termasuk Lenovo Miix 2-in-1 dengan chip Core M dan desktop Gigabyte dengan prosesor Core i5.

Bryant juga menunjukkan beberapa optimisasi hardware yang dihadirkan lewat sejumlah fitur di sistem operasi Windows 10, seperti membangunkan komputer secara "instan" dengan suara lewat fitur Cortana, login ke komputer hanya dengan menggunakan wajah, memutar video tanpa lag, hingga membuat 3D model dengan men-scanning obyek/orang menggunakan kamera RealSense.



Hadir dalam acara tersebut ratusan wartawan, para OEM dan produsen perangkat elektronik seperti Acer, Dell, Asus, HP, Lenovo,Microsoft dan Toshiba, serta Accenture, Cloudera, Cisco dan Leader Systems. Intel menyatakan akan segera membawa prosesor 6th Gen Core ke Intel Compute Stick pada awal 2016, selain ke desktop, laptop dan laptop 2-in-1 tentunya.

Intel 6th Gen Core sendiri diperkenalkan secara resmi pertama kali pada Agustus lalu di Gamescom dengan merilis chip high-end Core i7-6700K dan chip desktop Core i7-6600K. 

Acara Intel 6th Gen Experience Summit juga disiarkan secara langsung lewat livestreaming dari Intel Broadcast Studio di Sydney Opera House, Australia. Ini adalah siaran pertama setelah pengumuman kemitraan selama dua tahun yang dijalin Intel dan Opera House.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.