Sukses

Xiaomi Luncurkan Antarmuka MIUI 7 Versi Global

MIUI 7 diklaim dapat merasakan performa 30% lebih cepat saat membuka aplikasi dan menghemat baterai hingga 10%

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi telah meluncurkan versi global dari antarmuka terbaru mereka, MIUI 7. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Xiaomi telah menyempurnakan MIUI untuk menciptakan MIUI 7 dengan tampilan yang lebih cerah, performa yang lebih baik, baterai yang lebih hemat dan pilihan personalisasi yang lebih beragam.

Perangkat Xiaomi yang menggunakan MIUI 7 diklaim dapat merasakan performa 30% lebih cepat saat membuka aplikasi dan menghemat hingga 10% dalam penggunaan baterai. MIUI 7 rencananya akan tersedia dalam versi beta mulai 24 Agustus dan dapat diunduh melalui situs MIUI global.

"Kami yakin dengan berbagai macam fitur terbaru yang kami hadirkan, para pengguna dapat merasakan langsung perbedaannya saat pertama kali menghidupkan perangkatnya dengan MIUI 7. Dengan pilihan sistem antar muka yang lebih banyak, profil video untuk panggilan yang dapat dikostumisasi dengan Showtime, dan berbagai macam pilihan personalisasi lainnya, MIUI 7 pantas disebut 'Yours by Design',” ujar Vice President Xiaomi Global, Hugo Barra, dalam siaran persnya. 

Berikut beberapa fitur terbaru di MIUI 7 yang tersedia bagi pengguna global:

Sistem antar muka: Xiaomi memasukkan berbagai pilihan tema ke dalam MIUI 7 untuk empat sistem antarmuka baru yang dapat dipilih ketika perangkat dihidupkan. Pengguna dapat memilih antarmuka dengan warna merah muda (Rose), merah muda pastel (Pink Blush), biru (Ocean Breeze), dan coklat keemasan (High Life).

Showtime: Panggilan telepon menjadi lebih menyenangkan dengan fitur dari MIUI 7 yang akan lebih dulu hadir di India, dan akan secara bertahap diluncurkan di pasar lainnya. Tidak hanya menampilkan nama dan nomor telepon, ataupun foto profil yang statis, Showtime memungkinkan para pengguna MIUI untuk menyelipkan sebuah video singkat yang otomatis muncul dan dimainkan saat kontak yang bersangkutan menghubungi.

Auto DND: MIUI 7 membuat Mi Band lebih berperan dalam mengatur panggilan dan notifikasi. Ketika Mi Band mendeteksi pengguna sedang tertidur, maka MIUI 7 akan mengaktifkan mode Do Not Disturb (DND) dan mengubah perangkat secara otomatis ke mode diam, memastikan pengguna tidak terganggu saat tidur. Ketika pengguna tersebut bangun, fitur DND akan secara otomatis mati dan kembali ke normal. 

XXL Text: Mengaplikasikan jenis tulisan besar pada smartphone dapat menyusahkan sebagian orang. Hal ini disebabkan oleh kurang optimalnya sistem antar muka perusahaan smartphone lainnya. MIUI 7 menghadirkan XXL Text, yang memastikan tulisan ukuran besar dapat tetap optimal dalam layar.

MIUI Data Saver: Didukung dengan teknologi kompresi Opera Max, MIUI Data Saver akan segera tersedia di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan, menawarkan fitur penyimpanan data yang substansial bagi seluruh aplikasi. 

Baby Album: MIUI 7 memungkinkan teknologi face recognition untuk secara otomatis mengidentifikasi wajah bayi dan mengelompokkan foto mereka, agar orang tua dapat melihat dan kilas balik pertumbuhan buah hatinya dalam bentuk foto. Foto-foto ini dapat dijadikan slideshow di lockscreen. Baby Album akan tersedia di India terlebih dahulu, dan akan secara bertahap diluncurkan di pasar lainnya.

Daily Lockscreen: Setiap hari, akan ada gambar baru yang dipilih dari koleksi foto yang indah, berkualitas tinggi, termasuk yang sudah mendapatkan banyak penghargaan. Fitur ini tersedia di India terlebih dahulu, dan ketersediaannya untuk pasar global akan diumumkan kemudian hari.

Xiaomi sendiri pertama kali meluncurkan antarmuka MIUI pada 16 Agustus 2010 dengan hanya 100 pengguna. Hingga hari ini, MIUI telah digunakan oleh 150 juta orang di seluruh dunia di 156 negara dan wilayah. Xiaomi hingga kini telah melakukan 250 update mingguan bagi MIUI dan masih akan terus berlanjut.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.