Sukses

Samsung Bakal Luncurkan Lebih Banyak Smartphone Tizen

Samsung berencana meluncurkan lebih banyak smartphone berbasis OS Tizen pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung disinyalir akan meluncurkan serangkaian smartphone baru pada tahun ini. Namun kabarnya smartphone yang diluncurkan tidak hanya berbasis sistem operasi (OS) Android, tapi juga Tizen.

Menurut laporan Reuters, Jumat (3/7/2015), seorang sumber mengatakan bahwa Samsung berencana meluncurkan lebih banyak smartphone berbasis OS Tizen ada tahun ini. Jajaran produk tersebut akan memiliki harga yang bervariasi.

Kendati laporan telah beredar, pihak Samsung tetap bungkam. Seorang juru bicara perusahaan menolak memberikan komentar.

Samsung tengah berusaha membangun ekosistemnya sendiri melalui OS Tizen. Namun menurut para analis, perusahaan asal Negeri Ginseng itu harus meluncurkan lebih banyak smartphone Tizen untuk memperluas basis pengguna dan menarik perhatian developer pihak ketiga.

Perusahaan meluncurkan smartphone Tizen pertamanya, Z1, di India pada Januari. Penjualan di perluas ke Sri Lanka dan Bangladesh. Sejauh ini Z1 telah terjual satu juta unit di India dan menjadi smartphone dengan penjualan terbaik di Bangladesh selama Januari - Maret 2015.

Sistem operasi Tizen memang telah lama digadang-gadang akan dipakai pada smartphone buatan Samsung. Samsung optimis Tizen akan mampu mendominasi semua lini perangkat, sama seperti Android milik Google.

Dalam sebuah wawancara, co-CEO Samsung JK Shin pernah mengatakan bahwa Tizen akan menjadi sistem operasi alternatif Android dan suatu hari akan ada di perangkat lain, tidak hanya di smartphone.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini