Sukses

Gaet NVIDIA, Audi Ciptakan Mobil `Berotak Manusia`

Kemitraan keduanya bukan untuk menciptakan mobil otonomos, melainkan merancang mobil yang dapat berpikir dan belajar.

Liputan6.com, Jakarta - Perpaduan antara dunia teknologi dan otomotif belakangan menjadi isu yang sangat menarik untuk diikuti. Terlebih setelah jenis mobil otonomos mulai menjadi fokus sejumlah pabrikan otomotif.

Baru-baru ini, pabrikan mobil asal Jerman, Audi, menelurkan inovasi baru yang didukung oleh perusahaan teknologi NVIDIA. Uniknya, kemitraan keduanya bukan untuk menciptakan mobil otonomos, melainkan merancang mobil yang dapat berpikir dan belajar layaknya otak manusia.

Dilansir laman Arstechnica, Senin (15/6/2015), mobil yang akan diciptakan Audi bersama NVIDIA bekerja dengan teknologi komputerisasi yang mensimulasi otak manusia. Pihak NVIDIA sendiri mendapat porsi untuk merancang teknologi auto piloted driving.

Teknologi ini beroperasi melalui berbagai gambar hasil rekaman kamera. Gambar-gambar ini dianalisis melalui prosesor untuk mempelajari objek dan membedakan objek-objek tersebut.

Untuk mampu melakukan hal ini dengan cepat, NVIDIA memastikan bahwa setiap data yang masuk, diolah dan disimpan di prosesor dalam kendaraan, bukan di cloud.

Salah satu elemen kunci dari sistem ini adalah dalam setiap perjalanan, sistem akan terus memproses informasi tersebut. Layaknya manusia, proses penambahan data tersebut membuat mobil menjadi semakin 'pintar'.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini