Sukses

Cara Mudah Simpan Riwayat Pencarian Google

Para pemilik akun Google kini bisa mengunduh riwayat pencarian mereka di komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemilik akun Google kini bisa mengunduh riwayat pencarian mereka di komputer. Cara penggunaan fitur ini dijelaskan dalam laman support Google.

Cara mengunduh riwayat pencarian Google ini cukup mudah. Pertama, pengguna harus mengakses history.google.com/history, kemudian login menggunakan akun Google atau Gmail.

Setelah itu, Google akan mengarahkan ke laman History yang berisi daftar pencarian pengguna selama ini. Untuk bisa mengunduhnya, pengguna harus meng-klik ikon pengaturan yang ada di pojok kanan, kemudian pilih 'Download'.

Selanjutnya pengguna akan diminta untuk membuat sebuah arsip, dan riwayat pencarian pun mulai diunduh. Arsip itu nantinya akan disimpan di Google Drive pengguna dalam format file zip dan bisa langsung disimpan di komputer.

Google mengingatkan untuk tidak mengunduh riwayat pencarian di komputer publik. "Lindungi akun dan data sensitif dengan verifikasi dua langkah agar tidak diakses oleh orang luar, meskipun mereka memiliki password Anda," jelas Google.

Adapun menurut catatan Mashable, Kamis (23/4/2015), rencana Google untuk merilis fitur ini sudah beredar sejak tahun lalu. Pengujian awal fitur itu dilaporkan diketahui oleh seorang blogger.

(din/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.