Sukses

WeChat Berhasil Kantongi 500 Juta Pengguna di 2014

Secara global, aplikasi besutan Tencent itu berhasil mengantongi 500 juta pengguna pada tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - WeChat adalah salah satu pemain yang meramaikan persaingan aplikasi messaging di dunia. Secara global, aplikasi besutan Tencent itu berhasil mengantongi 500 juta pengguna pada tahun lalu.

Chief Operating Officer (COO) PT MNC Tencent, Bagus Binatoro, mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu basis pengguna terbesar WeChat di luar Tiongkok. Namun ia enggan merinci jumlahnya.

"Secara global, WeChat memiliki 500 juta pengguna pada tahun lalu, sebagian besar masih di Tiongkok. Sekira 70 juta pengguna berada di luar Tiongkok dan Indonesia adalah satu yang terbesar," jelas Bagus di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Untuk karakteristik pengguna Indonesia, kata Bagus, fitur yang paling banyak digunakan adalah Moments dan Sticker. Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang cukup aktif berbagi di jejaring sosial. Alhasil kebiasaan yang sama juga terjadi di aplikasi pesan.

Melalui fitur Moments, para pengguna bisa berbagi foto dan video. Sedangkan soal Sticker, katanya, WeChat merilis 2 stiker baru setiap pekan. Sehingga pengguna memiliki banyak pilihan.

Bagus menuturkan bahwa WeChat sangat terbuka dengan bakat-bakat Tanah Air, termasuk untuk membuat stiker. Namun diakuinya, saat ini jumlahnya masih terbatas.

"Kami juga bekerjasama dengan para developer lokal, termasuk untuk stiker karena mereka yang mengerti karakteristik kita. Namun jumlahnya (developer lokal) masih di bawah 10, karena seleksinya cukup ketat," ungkapnya.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini