Sukses

Mengenal Sosok Bos Path Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Path kian serius menjajaki Indonesia sebagai salah satu pasar terbesarnya. Jejaring sosial pribadi itu baru saja menunjuk sosok pria muda asal Bandung, William Tunggaldjaja sebagai Country Manager Path untuk Indonesia.

Lalu seperti apakah sosok pria kelahiran 30 tahun silam tersebut? William sudah tidak asing lagi dalam dunia teknologi, berkat serentetan pengalamannya di bidang teknologi dan internet.

Pria lulusan University of California, Berkeley ini telah hijrah ke Amerika Serikat (AS) sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) pada 1998.

William mengawali karirnya di Johnson & Johnson di Vacaville, California, sebagai Co-Op Equipment Engineer selama Juli-Desember 2006, hingga kemudian menjadi Corporate Finance Internet selama Juli-September 2007.

2 dari 4 halaman

Cinta Dunia Teknologi

Cinta Dunia Teknologi 

Kemudian pada Juli 2008, William resmi menjadi salah satu pegawai dari raksasa software asal Negeri Paman Sam, Microsoft. Pria berkacamata ini bekerja di markas besar Microsoft di Redmond, Washington hingga Januari 2013. Salah satu tugasnya adalah memperkuat divisi Windows sejak Juli 2010-Januari 2013.

Melihat rekam jejaknya selama ini, tentu William sudah tak asing lagi dengan dunia teknologi. Bahkan dia mengaku sejak kecil sudah jatuh cinta dengan teknologi.

"Dari kecil saya memang suka dengan teknologi dan berhubungan dengan konsumen. Karena itu selalu bekerja di lingkungan teknologi dan internet," tutur William saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

3 dari 4 halaman

Kembali ke Tanah Air

Setelah tinggal lama di negeri orang, William akhirnya memutuskan kembali ke Tanah Air - meskipun saat itu seluruh keluarga intinya berada di AS. William mengawali karirnya di Indonesia sebagai Vice President Campaign Lead Lazada Indonesia sejak awal 2013 hingga akhir tahun.

Saat di Lazada, sejumlah tanggungjawabnya adalah mendorong promosi produk serta melakukan langkah-langkah monetisasi dan mengembangkan kerjasama strategis.

Lepas dari Lazada, William pun berlabuh di layanan online pencarian restoran asal India, Zomato per Desember 2013. Saat itu ia menjabat sebagai Country Manager Zomato untuk Indonesia.

Setelah lebih dari satu tahun membantu mengembangkan Zomato di Indonesia, William akhirnya jatuh ke pelukan Path. Ia resmi menjadi Country Manager untuk Indonesia mulai Februari 2015.

4 dari 4 halaman

Kepincut Path

Kepincut Path

Sama seperti sejumlah pengguna smartphone yang kepincut dengan Path, hal yang sama juga terjadi pada William. Salah satunya karena Path sebagai jejaring sosial pribadi, sehingga dia bisa leluasa berhubungan dengan keluarga dan teman-temannya. Ia mengaku sebagai salah satu pengguna Path, hingga akhirnya menjadi orang nomor satu di Path Indonesia.

William sadar bahwa tugasnya tidak mudah untuk 'menaklukkan' hati Indonesia, karena itu ia bersama timnya akan berusaha keras agar seluruh pengguna smartphone bisa menjadi bagian dari 'keluarga besar' Path.

Menurut William, Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna media sosial teraktif di dunia. Untuk itu, ia yakin Path dengan keistimewaanya sebagai jejaring sosial pribadi akan mampu menarik lebih banyak perhatian.

"Kehadiran kita di sini adalah untuk mempererat hubungan antara Path dan Indonesia. Kami yakin Path akan tumbuh lebih besar lagi di Indonesia, terutama karena saat ini Indonesia adalah salah satu pasar terpenting bagi Path," ungkapnya.

(din/isk)