Sukses

Hacker Serang PlayStation Network dan Xbox Live di Hari Natal

Kronologi serangan cyber yang dilakukan Lizard Squad ini dipublikasikan oleh akun Twitter resmi mereka, @FUCKRUCIFIX.

Liputan6.com, Jakarta - Para hacker tampaknya tidak berlibur di hari raya Natal. Menurut laporan yang beredar, kelompok hacker 'Lizard Squad' hari ini, Kamis (25/12/2014), sedang melakukan serangan cyber pada dua layanan konsol game, yakni Sony PlayStation Network dan Microsoft Xbox Live.

Menurut hasil pantauan laman Business Insider, layanan Xbox Live lebih dulu tumbang kemarin. Selanjutnya layanan PlayStation Network menyusul hari ini.

Kronologi serangan cyber yang dilakukan Lizard Squad ini dipublikasikan oleh akun Twitter resmi mereka, @FUCKRUCIFIX. Mereka beberapa kali telah memberi petunjuk peretasan dengan berkicau, "Xbox #OFFLINE" dan "PSN #OFFLINE."

Lebih lanjut kelompok Lizard Squad menjelaskan bahwa mereka telah melakukan serangan DDoS kepada jaringan kedua layanan konsol game berbasis internet tersebut. Serangan jenis ini akan membuat server jaringan mengalami overload, dan pada akhirnya down.

Akun Twitter resmi milik Sony, @AskPlayStation sendiri telah mengkonfirmasi masalah yang terjadi pada layanannya ini. Namun mereka tidak secara gamblang menyatakan bahwa layanan mereka telah di-hack oleh kelompok hacker Lizard Squad.

Hingga kini para pengamat menyatakan jika serangan Lizard Squad ini tidak terkoneksi dengan serangan hacker terhadap Sony Pictures yang menyulut ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini