Sukses

Cara Bersihkan Sensor Kamera DSLR yang Benar

Liputan6.com, Jakarta - Sensor kamera merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada kamera Digital Single-Lens Reflex (DSLR). Sensor kamera bisa menentukan hasil foto yang dibidik para fotografer. 

Sensor kamera sendiri merupakan sensor penangkap gambar yang dikenal juga sebagai CCD (Charged Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide ) yang terdiri dari jutaan piksel.

Jika hasil foto yang Anda bidik terlihat ada bintik-bintik hitam atau garis hitam menyerupai jaring laba laba, kemungkinan besar sensor kamera DSLR Anda terkena debu atau sudah berjamur.

Untuk membersihkan sensor kamera DSLR Anda yang terkena debu atau jamur, berikut tipsnya. Perlu diingat bahwa tidak semua sensor kamera DSLR memiliki tata letak yang sama. Ada baiknya untuk mengecek buku manual yang ada pada paket penjualan.

2 dari 7 halaman

Siapkan diri

Siapkan diri

Sebelum memulai proses pembersihan sensor kamera, Anda harus memastikan bahwa Anda memahami betul bagaimana proses kerjanya dan yakin bahwa Anda mampu melakukannya.

Bila Anda merasa bahwa proses ini merupakan pekerjaan yang rumit dan tidak nyaman dengan aktivitas yang berhubungan dengan perangkat elektronik, mungkin Anda tidak layak untuk melakukannya sendiri. Segera bawa kamera DSLR Anda ke tempat perbaikan kamera terpercaya.

3 dari 7 halaman

Lingkungan bersih

Lingkungan bersih

Saat membersihkan sensor kamera, pastikan Anda bekerja di lingkungan yang bersih dan bebas debu. Pastikan juga bahwa alat-alat yang Anda gunakan tidak berdebu dan kotor.

Jika Anda tidak menemukan area kerja yang benar-benar bersih dan bebas debu, mungkin Anda harus membawa kamera kesayangan ke tempat perbaikan kamera.

4 dari 7 halaman

Perhatikan partikel kecil

Perhatikan partikel kecil

Saat membersihkan sensor kamera, berhati-hatilah dan pastikan tidak ada partikel kecil yang terjebak di antara perangkat pembersihan dan sensor. Pasalnya, partikel berpotensi menyebabkan goresan pada sensor.

Jika Anda tidak bisa memerhatikan partikel kecil dengan baik atau bila Anda tidak memiliki area yang cukup bersih untuk melakukan hal ini, Anda mungkin harus menyerahkan proses ini kepada orang yang lebih profesional.

Setelah memahami tips di atas, berarti Anda sudah yakin untuk membersihkan sensor kamera Anda sendiri.

5 dari 7 halaman

Gunakan alat khusus

Gunakan alat khusus

Banyak toko kamera yang menawarkan alat pembersih sensor yang Anda butuhkan untuk melakukan proses ini, sehingga Anda bisa mempertimbangkan peralatan mana yang bisa digunakan untuk menyederhanakan proses.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah hilangkan debu menggunakan blower. Jangan meniup debu yang menempel di sensor kamera sembarangan, karena hal itu dapat merusak kamera.

6 dari 7 halaman

Gunakan sikat lembut

Gunakan sikat lembut

Anda juga dapat menggunakan sikat lembut atau yang lebih dikenal dengan nama censor brush. Alat ini memiliki bulu lembut yang dapat menghilangkan partikel debu. Namun jangan lupa untuk selalu membersihkan sikat setiap kali menghusap sensor.

Metode wet cleaning

Jika sensor kamera DSLR Anda dihinggapi debu atau kotoran yang membandel atau sangat sulit dibersihkan, pertimbangkan untuk menggunakan metode wet cleaning.

Anda dapat menggunakan cotton buds atau swab yang direndam dalam cairan pembersih. Sama seperti membersihkan debu, gunakan cotton buds hanya searah saja. Pastikan bahwa alat yang Anda gunakan tidak terkontaminasi.

7 dari 7 halaman

Prosedur censor cleaning

Prosedur censor cleaning

Setelah melakukan proses pembersihan sensor kamera DSLR secara manual, ada baiknya untuk selalu membersihkan sensor kamera secara otomatis. Gunakan prosedur pembersihan otomatis kamera DSLR setiap kali Anda mulai atau sesudah menggunakan kamera.

(isk/dew)