Sukses

Google Peringati Satu Abad Ulang Tahun Thor Heyerdahl

Google doodle menampilkan gambar unik untuk memperingati hari ulang tahun satu abad Thor Heyerdahl.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali 'mendandani' laman utama mesin pencariannya dengan doodle khusus sebagai penghargaan pada jasa seseorang. Kali ini, Google doodle menampilkan gambar unik untuk memperingati satu abad hari ulang tahun Thor Heyerdahl.

Gambar unik di Google doodle merupakan logo khusus bertemakan 'Kon-Tiki', yang merupakan perahu rakit tradisional yang dipakai Thor Heyerdahl untuk mengarungi samudera demi ekspedisi ilmiah pada tahun 1947 sejauh 8.000 km dari Amerika Selatan ke pulau Toamotu.

Thor Heyerdahl lahir di Larvik, Norwegia, tanggal 6 Oktober 1914 silam, tepat seabad lalu. Heyerdahl dikenal sebagai petualang dan etnolog berkebangsaan Norwegia. Ia pernah menjalani pendidikan di Oslo University untuk mempelajari tentang ilmu hewan alias zoologi.

Pada tahun 1936, Heyerdahl pergi berlayar dan tinggal di kepulauan Pasifik Fatu Hiva. Namanya terkenal ke seantero dunia karena perjalanannya menggunakan rakit Kon-Tiki dari Peru ke Pollinesia, Perancis pada tahun 1947.

Kemudian di tahun 1953, Heyerdahl memimpin ekspedisi arkeologi ke Kepulauan Galapagos. Dua tahun berselang, Heyerdahl melakukan perjalanan ke Pulau Paskah lalu terus melakukan penelitiannya beberapa tahun kemudian tentang piramida di Peru dan Kepulauan Canary.

Heyerdahl membuat penjelajahan dan ekspedisi itu untuk membuktikan teorinya tentang orang kuno yang juga bisa melakukan perjalanan jauh melewati samudera. Perjalanan itu diyakininya melahirkan hubungan antar budaya yang berbeda. Hal tersebut juga yang mendasari model percampuran etnik dalam perkembangan budaya manusia zaman dulu.

Kisah perjalanan dan ekspedisi yang dilakukannya ditulis Heyerdahl sebagai sebuah buku yang berhasil menjadi buku dengan penjualan terbaik dalam skala internasional.

Thor Heyerdahl wafat di kota Colla Micheri, Italia pada tanggal 18 April 2002 dalam usia 87 tahun akibat penyakit tumor otak yang dideritanya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.