Sukses

Bandung Akan Segera Punya Prototipe Smart City

Liputan6.com, Jakarta - Ide penerapan smart city kerap didengung-dengungkan sebagai bentuk kota maju di masa depan. Kota pintar terintegrasi diharapkan bisa menjadi solusi dari segala masalah yang ada di perkotaan saat ini.

Indonesia pun menjadi satu dari sekian banyak negara yang berencana menerapkan smart city. Bandung disebut-sebut akan dijadikan kota pintar percontohan terlebih dulu, sebelum smart city diterapkan di kota lainnya.

"Bandung akan punya kota pintar yang akan dinamai Bandung Technopolis seluas 400 hektar. Kota pintar di Gede Bage itu nantinya akan menjadi prototipe penerapan smart city di Indonesia," kata Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat, praktisi smart city.

Saat dihubungi tim Tekno Liputan6.com, Suhono menjelaskan pusat penelitian BlackBerry Innovation Center (BBIC) yang di bawah pengawasannya dan berlokasi di Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu lembaga yang akan fokus mengembangkan konsep smart city.

Lebih lanjut, Suhono mengatakan bahwa Bandung Technopolis merupakan hasil kerjasama pihaknya dengan pemerintah kota Bandung. Ibukota Provinsi Jawa Barat ini memang diketahui getol menerapkan konsep kota pintar yang dikembangkan mahasiswa yang berada di BBIC.

Selain Bandung, kota yang sudah berencana menerapkan smart city ialah Makassar. Baik Bandung maupun Makassar mendapat pujian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidato kenegaraannya beberapa waktu lalu karena telah menjalankan proses pembangunan kota berlandaskan teknologi.

Indonesia diharapkan dapat segera menerapkan konsep kota pintar agar tidak ketinggalan jauh dari negara lain. 

Rina Nose dan Tunangan Mulai Unjuk Kemesraan di Medsos

Tutup Video
Loading