Sukses

Haier Fokus Pasarkan Smartphone di Indonesia

Pabrik Haier yang akan berdiri di daerah Cikarang, Jawa Barat itu dikhususkan untuk memproduksi perangkat smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pembuat elektronik asal Tiongkok, Haier mengklaim akan fokus menggarap pasar smartphone di Tanah Air. Perusahaan itu bahkan tengah menyelesaikan proses pembangunan pabrik ponsel miliknya di Indonesia.

ZZ Wang selaku Sales Director of Overseas for Mobile Phone Haier menyebutkan bahwa pabrik yang akan berdiri di daerah Cikarang, Jawa Barat itu dikhususkan untuk memproduksi perangkat smartphone.

"Pabrik yang ada di Indonesia khusus untuk membuat smartphone saja. Kita bisa dibilang sudah tak lagi menggenjot penjualan ponsel fitur karena memang pasarnya sudah sangat kecil," kata ZZ yang dijumpai tim Tekno Liputan6.com saat ia berkunjung ke Jakarta beberapa waktu lalu.

"Ponsel fitur sudah ditinggalkan di banyak negara, termasuk negara berkembang seperti Indonesia dan India. Afrika Selatan jadi satu-satunya negara yang masih memperlihatkan pertumbuhan penetrasi untuk ponsel fitur," ungkap ZZ.

Dia juga mengungkap data bahwa prosentase ponsel fitur (feature phone) hanya mendapat angka sekitar 5% dari total kapasitas produksi ponsel yang dihasilkan Haier setiap bulannya.

Di Indonesia, Haier telah memilih wilayah Cikarang sebagai lokasi tempatnya membangun pabrik. Fasilitas produksi yang menelan dana investasi sekitar US$ 1 juta itu diklaim akan mampu memproduksi 200 ribu unit smartphone setiap bulan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini