Sukses

Tahun 2020, Robot di Seluruh Dunia Akan Berkumpul

Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, ingin menggelar Olimpiade Robot pada 2020, bersamaan dengan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Liputan6.com, Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, ingin menggelar Olimpiade Robot pada 2020, bersamaan dengan Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo. Acara ini diharapkan menjadi ajang untuk memperlihatkan teknologi robotika terbaru dunia.

Jepang sendiri dikenal sebagai pioner dalam industri robotika. Tak main-main, Abe pun mengungkapkan rencana membuat sebuah gugus tugas khusus untuk mengembangkan revolusi robotika.

"Pada 2020, saya ingin mengumpulkan seluruh robot di dunia dan menggelar sebuah Olimpiade, sehingga robot-robot itu bisa bersaing dalam keterampilan teknis," tutur Abe, seperti dikutip Telegraph dari kantor berita Jiji Press.

Abe menambahkan, bahwa pemerintah akan membentuk sebuah dewan untuk membuat revolusi robot menjadi sebuah kenyataan sebagai upaya membantu pertumbuhan Jepang.

Selain itu, ia menegaskan bahwa Robotika adalah kunci industri yang berpotensi membantu 'menyegarkan kembali' ekonomi dalam beberapa dekade mendatang. Khususnya dalam konteks penuaan populasi dan menurunnya tenaga kerja.

Abe mengungkapkan harapannya menggelar Olimpiade Robot saat berkunjung ke sejumlah pabrik yang berhubungan dengan industri dan perawatan robot di Tokyo dan Saitama.

Di lain kesempatan, pendiri perusahaan robotika Cyberdyne, Yoshiyuki Sankai, berharap robot bisa diterima lebih luas oleh masyarakat.

"Kami tidak ingin orang-orang melihat seseorang yang menggunakan produk kami dan berpikir, 'Pasti itu sulit sekali’. Sebaliknya, kami ingin orang-orang melihat robot dan mengatakan, 'Wow, itu hebat'," ungkap Sankai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini