Sukses

5 Kartu Nama Unik yang <i>Geek</i> Banget

Beberapa kartu nama di bawah ini bisa dibilang unik, bahkan ada yang fungsinya dialihkan menjadi USB dan untuk memainkan game.

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, kartu nama banyak dipakai orang terutama kalangan pekerja untuk berbagi kontak info kepada relasi baru. Sebagian besar kartu nama yang diperoleh biasanya berakhir di laci meja dan menumpuk begitu saja.

Namun sekarang, di jaman serba digital seperti sekarang, kartu nama sudah dianggap tidak begitu penting. Ini karena maraknya kehadiran smartphone dan betapa mudahnya bertukar info kontak secara digital.

Namun bagaimanapun, kartu nama masih tetap banyak yang menggunakan, terutama mereka yang bekerja di industri teknologi kreatif. Berikut beberapa kartu nama yang bisa dibilang unik, bahkan ada yang fungsinya dialihkan menjadi USB dan untuk memainkan game, yang kami rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kartu nama iPhone

1. Kartu nama dari layar iPhone

Kartu nama ini terbuat dari kaca layar iPhone, sumbernya dari pabrik-pabrik Foxconn di China. Hurufnya diukir dengan laser, proses membuatnya sangat kompleks.

Kartu ini adalah milik seorang engineer Apple, ia selalu menggantungkannya di leher kemanapun dia pergi. Kartu nama ini memang terlihat keren, tetapi sangat rentan. Meski layar Gorilla Glass iPhone tahan goresan, tapi mudah retak dan mudah pecah jika tertekuk.

Selain itu kartu ini juga mahal dan sulit dibuat. Butuh waktu lama untuk membuatnya. Meski unik, tapi kartu nama ini bisa dibilang tidak berguna karena tidak bisa dibagikan begitu saja kepada semua orang. Pemilik kartu ini hanya menunjukkannya kepada pengunjung di kantornya.

3 dari 6 halaman

Kartu nama Notepad

2. Kartu nama ala Notepad

Melihat kartu nama ini, Anda serasa sedang melihat Notepad yang ada di sistem operasi Windows. Orang yang pertama kali mencetuskan ide kartu nama ini adalah Albert Hwang. Kartu ini ia buat untuk profesi art.

"Aku memilih Notepad XP untuk kartu ini karena merasa bahwa warna kromnya adalah citra digital yang paling ikonik," katanya melalui situs pribadinya, albert-hwang.com.

Dia tidak memberikan kartu ini kepada semua orang. Hwang lebih banyak memberikannya kepada orang-orang yang memiliki hubungan dengan organisasi dan yayasan seni.

4 dari 6 halaman

Kartu nama USB

3. Kartu nama USB

Pada dasarnya ini adalah USB, hanya saja ukurannya sebesar kartu nama. Tidak seperti USB drive konvensional, kartu nama USB flash drive ini dirancang untuk menyimpan data digital dan file untuk para eksekutif yang ingin memperkenalkan perusahaan mereka dengan cara yang lebih elegan dan profesional.

Hadir dalam dimensi kompak, ramping dan seukuran saku, kartu nama USB ini tersedia dalam pilihan ukuran 1 GB hingga 64 GB.

Cara kerjanya sama seperti USB flash drive yang biasa, Anda harus mencolokkan USB ke laptop atau komputer untuk menyalin atau mentransfer file dari atau ke komputer.

5 dari 6 halaman

Kartu nama keyboard

4. Kartu nama keyboard

Sebagai perusahaan yang bisnisnya bergelut di pembuatan keyboard custom, TechKeys ingin membuktikan keseriusannya. Mereka membuat kartu nama yang dapat berfungsi seperti keyboard.

Kartu nama ini terbuat dari PCB dengan on-board re-programmable ATMEGA16U2 di dalamnya. Kartu ini bisa dihubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel USB.

Dalam demo yang ditampilkan, hanya dengan menekan tombol tertentu di kartu Anda langsung dapat membuka halaman Facebook tanpa perlu mengetik URL-nya menggunakan keyboard.

Kartu nama ini dijual seharga US$ 12 di situs TechKeys.

 

6 dari 6 halaman

Kartu Tetris

5. Kartu yang bisa memainkan Tetris

Kartu yang satu ini benar-benar canggih. Pasalnya dengan kartu ini kita bisa memainkan game Tetris. Sang pembuatnya, Arduino, menamakan kartu nama ini dengan nama Arduboy: The Interactive Digital Entertainment Card.

Pada dasarnya ini adalah kartu sirkuit yang sudah diprogram, yang ukurannya seperti kartu nama. Anda benar-benar bisa memainkan game Tetris di kartu ini lho...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini