Sukses

Layanan Telekomunikasi Indosat Sudah Pulih

Gangguan yang terjadi dalam jaringan berskala nasional itu membuat dua dampak besar pada layanan Indosat.

Liputan6.com, Jakarta Indosat mengklaim layanan telekomunikasinya sudah kembali normal, pasca gangguan yan gterjadi sejak dini hari tadi yang mengakibatkan pelanggan tak bisa mengirim SMS, telepon dan menjelajah internet.

Dalam keterangan resminya, Kamis (3/4/2014), Indosat mengaku bahwa gangguan pada layanannya mulai terjadi pukul 01.25 dini hari secara nasional. Gangguan dalam jaringan berskala nasional itu membuat dua dampak besar pada layanan Indosat.

Pertama, masalah diakibatkan oleh error pada IP Router Table ke jaringan internasional sehingga menyebabkan benturan IP Address. Masalah ini sudah dapat diselesaikan pada pukul 03.45 dini hari tadi.

Masalah kedua terdapat pada layanan sistem jaringan nasional baik seluler maupun korporasi yang mengakibatkan gangguan komunikasi. Masalah ini diakui Indosat sudah sepenuhnya pulih pada hari Kamis sore ini.

Mirza Helmi, Group Head Customer Experience Project Indosat mengakui ada sebagian pelanggan yang terkena dampak dari gangguan tersebut. Pelanggan terdampak tak bisa mengirim SMS, telepon maupun komunikasi data, termasuk pelanggan data dari segmen Korporasi berbasis IP/Ethernet.

"Indikasi secara teknis telah ditemukan adanya anomali trafik berupa 'flooding traffic' di sisi IP MPLS yang menyebabkan kelebihan beban (overload) di perangkat Indosat," papar Mirza.

Indosat pun menjamin bahwa gangguan tersebut bukan karena adanya aktivitas yang berhubungan dengan pembajakan layanan data dan seluler.

"Sejak tadi malam kami sudah melakukan analisa dan perbaikan sehingga saat ini semua sudah kembali normal. Terima kasih kepada pelanggan setia Indosat yang tetap setia bersama kami," papar Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini