Sukses

Bayar Belanjaan? Cukup Tempel Sidik Jari di Ponsel

Satu tahun ke depan, teknologi ini diharapkan sudah menjadi sesuatu yang umum pada perangkat mobile.

Liputan6.com, Jakarta Pengguna iPhone 5S memanfaatkan pembaca sidik jari untuk membuka kunci perangkat dan membeli aplikasi atau musik di iTunes. Namun pembaca sidik jari yang ada di Samsung Galaxy S5 memiliki fungsi yang lebih luas yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran apapun.

Cukup mengunakan aplikasi mobile PayPal, pengguna nantinya dapat menggunakan smartphone untuk mengotorisasi pembayaran dengan hanya menggesekkan jari di smartphone. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membayar barang di beberapa toko fisik di AS.

Pembayaran melalui fingerprint kemungkinan akan ditawarkan pada lebih banyak smartphone dalam waktu dekat. Sistem pembayaran Galaxy S5 merupakan protokol baru yang dikembangkan oleh Fido Alliance, sebuah organisasi yang didirikan oleh perusahaan-perusahaan teknologi untuk mengakhiri ketergantungan pada password yang tidak aman.

Satu tahun ke depan, teknologi ini diharapkan sudah menjadi sesuatu yang umum pada perangkat mobile. Untuk menggunakan jari Anda ketika melakukan pembayaran di Galaxy S5, Anda harus meregistrasi identitas perangkat berdasarkan chip kriptografinya dan kemudian hubungkan sidik jari Anda ke rekening PayPal. Setelah itu, software PayPal akan meminta untuk menggesek sidik jari di sebuah aplikasi untuk proses log-in.

"Data sidik jari yang tersimpan lebih aman karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda, dan itu sudah sinkron dengan database yang dijamin keamanannya. Cara ini juga lebih mudah ketimbang kita harus mengetik password," kata Joel Yarbrough selaku direktur senior solusi produk global PayPal, seperti dikutip dari MIT Technologi Review.

Protokol yang ada pada Fido Alliance juga telah dirancang sedemikian rupa sehingga data sidik jari yang tersimpan di smartphone tidak terhapus. Dan sejauh ini satu-satunya perangkat mobile yang mendukung sistem sidik jari PayPal tersebut adalah Galaxy S5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.