Sukses

Update Google Hangouts Tiru WhatsApp?

Liputan6.com, Jakarta Google baru saja merilis update terbaru bagi aplikasi Google Hangouts untuk perangkat berbasis iOS. Namun anehnya, tampilan anyar yang dihadirkan nampak tidak asing dan dinilai terlihat sangat mirip dengan WhatsApp.

Pada update tersebut, aplikasi perpesanan instan besutan Google itu menhadirkan beberapa panel di bagian bawah tampilan yang terdiri dari fitur berkirim video, sticker, dan geo-tagging. Sedangkan khusus untuk tablet iPad, tampilan Hangouts dapat muncul dalam dua panel. Panel pertama bisa digunakan untuk mencari kontak, panel lainnya merupakan tampilan chatting yang sedang dilakukan.

Untuk aplikasi Hangouts versi Android sendiri hingga kini memang belum dibekali dengan update terbaru tersebut. Namun dikabarkan akan segera menyusul dalam waktu dekat.

Mengutip laman Mashable, Sabtu (1/3/2014), banyak pihak yang berpendapat jika langkah pembaruan yang dihadirkan pada Hangouts adalah usaha Google dalam menyaingi WhatsApp yang notabene gagal diakuisisi oleh Google. Walaupun beberapa waktu lalu Senior Vice President Android, Chrome and Application Google, Sundar Pichai sempat mengatakan kepada wartawan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 bahwa hal itu tidak benar.

Sementara isu yang terlanjur beredar justru menyebutkan bahwa penawaran Google ditolak mentah-mentah oleh WhatsApp karena nilainya terlalu kecil jika dibandingkan penawaran dari Facebook. Google dilaporkan 'hanya' menawarkan USD 10 miliar, sedangkan Facebook berani merogoh kocek hingga USD 19 miliar untuk menebus WhatsApp.

Baca juga:
WhatsApp di Windows Phone Bakal Dilengkapi Fitur Privasi Baru
Lebih Mahal Mana, WhatsApp Atau Line?
WhatsApp Mulanya Cuma Dipakai Untuk Update Status
Google Bantah Pernah Berniat Pinang WhatsApp