Sukses

Nokia XL, Smartphone Android Nokia Berlayar `Bongsor`

Liputan6.com, Jakarta Nokia hari ini menjadi perusahaan yang paling banyak memberikan kejutan di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona. Perusahaan asal Finlandia itu meluncurkan beberapa produk teranyarnya yang berjalan di atas sistem operasi Android.

Selain meluncurkan dua smartphone Android yang memakai nama Nokia X dan Nokia X+, CEO Nokia Stephen Elop memperkenalkan produk ketiga. Mantan salah satu calon kuat bos Microsoft itu memperkenalkan Nokia XL.

Menurut yang dilansir Engadget, Senin (24/2/2014) handset ini lahir sebagai perangkat Android yang menggunakan layar seluas 5 inci. Layarnya menggunakan resolusi WVGA 800 × 480 piksel dan teknologi IPS.

Di bagian dalam ada memori 768 RAM agar bisa mendukung kinerja standar. Sedangkan ruang penyimpanannya disediakan seluas 4 GB yang bisa digunakan untuk meletakkan aneka file hasil aktivitas penggunanya.

Sama seperti Nokia X dan X+, Nokia XL juga tak dilengkapi berbagai layanan dari Google. Bahkan, toko aplikasi Google Play Store pun tak tersedia di perangkat buatan perusahaan yang sebentar lagi akan menjadi bagian dari Microsoft itu.

Bila ingin menikmati berbagai aplikasi untuk Android penggunanya harus mengaksesnya lewat toko aplikasi Nokia maupun penyedia aplikasi Android pihak ketiga. Fitur FastLane yang sebelumnya ada di Nokia Asha juga dihadirkan ke perangkat ini untuk menyediakan akses ke aplikasi, teks dan pemberitahuan panggilan.

Handset ini akan dibanderol dengan harga 109 euro atau sekitar Rp 1,7 jutaan. Nokia XL kemungkinan akan meluncur di pasar negara berkembang pada kuartal kedua tahun 2014. Penggila produk Nokia di Amerika Serikat harus bersabar karena belum kebagian perangkat Nokia bertenaga robot hijau itu. 

Baca juga: 
Nokia Android Akan Diproduksi di Negara Ini
Spesifikasi Nokia Android Terungkap!
Nokia Android Muncul Sebagai Ponsel Fitur, Bukan Smartphone?
Nokia Siapkan Smartphone Edisi Valentine?
Nokia `Lumia Android`Siap Meluncur di Indonesia?
Update Nokia Lumia Black Sudah Bisa Dicicipi Pengguna Tanah Air