Sukses

SNBT 2024: Unair Terima 2.831 Calon Mahasiswa, ITS Surabaya Tampung 2.211

Unair juga terus mendukung dan memberikan bantuan pendidikan untuk para camaba melalui berbagai beasiswa, termasuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Tahun ini, sebanyak 528 camaba SNBT menerima bantuan KIP-K.

 

Liputan6.com, Jakarta Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima sebanyak 2.831 calon mahasiswa baru (camaba) pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

"Alhamdulillah, setiap tahunnya jumlah peserta yang lolos melalui SNBT di Unair terus meningkat. Tahun ini, dari 70.641 peserta yang mendaftar, sebanyak 4,01 persen diterima di Unair," kata Rektor Unair Mohammad Nasih, Kamis 13 Juni 2024.

Unair juga terus mendukung dan memberikan bantuan pendidikan untuk para camaba melalui berbagai beasiswa, termasuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Tahun ini, sebanyak 528 camaba SNBT menerima bantuan KIP-K.

"Artinya, sebanyak 18,65 persen dari total camaba yang diterima mendapatkan bantuan KIP-K. Hal itu juga merupakan wujud Unair untuk membuka kesempatan bagi seluruh camaba dalam mendapatkan pendidikan terbaik tanpa mengkhawatirkan biaya," ujarnya.

Nasih menambahkan pada tahun ajaran baru ini, nantinya sekitar 6.000 camaba akan menerima bantuan KIP-K untuk semua jalur. Baginya, angka tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa untuk Unair.

Unair akan terus berkonsisten dalam membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi melalui KIP-K.

"Salah satunya, empat camaba dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair mendapatkan bantuan KIP-K. Saat ini, keterbatasan ekonomi bukan menjadi penghalang lagi untuk mahasiswa mendapatkan hak yang sama untuk merasakan pendidikan terbaik," katanya.

Nasih mengemukakan nilai rata-rata camaba Unair mencapai 700,00 hingga 795,00. Ia menekankan untuk para camaba harus memperhatikan nilai-nilai minimum dan maksimal pada program studi (prodi) yang dipilih untuk menghindari kesalahan dalam memilih prodi.

Lebih lanjut, ia menyebutkan pada rumpun sains dan teknologi (saintek), prodi kedokteran menempati urutan teratas dengan nilai rata-rata 792,35. Disusul oleh kedokteran gigi, sistem informasi, farmasi, dan teknologi sains data.

"Untuk prodi statistika nilai rata-rata mencapai 704,47. Kemudian disusul dengan rumpun sosial humaniora (soshum), yaitu akuntansi dengan skor 703,82; teknik robotika dan kecerdasan robotika dengan skor 698,33; psikologi dengan skor 687,28; dan teknik biomedis dengan skor 685,86," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pendaftar ITS Capai 29.792 Orang, Diterima 2.211

Sementara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menerima sebanyak 2.211 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024.

Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Unggul Wasiwitono menyebutkan, dari kuota yang memenuhi jalur masuk SNBT di ITS, jumlah pendaftar tahun ini mencapai 29.792 orang dan 2.211 orang di antaranya dinyatakan diterima.

"Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya baik dari segi pendaftar maupun kuota mahasiswa yang diterima," kata dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut.

Lebih lanjut, Unggul menjelaskan bahwa dari total 51 prodi yang ditawarkan ITS, Prodi D4 Teknik Sipil, S1 Teknik Informatika, dan D4 Statistika Bisnis menjadi yang paling diminati tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.