Sukses

ASDP Siapkan Kantong Parkir Antisipasi Kemacetan di Pelabuhan Ketapang

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Ketapang, Banyuwangi, mempersiapkan kantong parkir untuk mengatasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan saat arus balik Hari Raya Idul Fitri

Liputan6.com, Banyuwangi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Ketapang, Banyuwangi, menyiapkan kantong parkir untuk mengatasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan saat arus balik Hari Raya Idul Fitri.

General Manager PT ASDP Ketapang, Syamsudin menagatakan, pihaknya telah menyiapkan dua lokasi parkir sementara di dua sisi Pelabuhan, yaitu dari arah Situbondo- Ketapang lokasi parkir di Terminal Sritanjung dan di Bulusan dari arah Kota Banyuwangi.

“Pastinya kami mengoptimalkan kantong parkir (bufferzone) di Terminal Sritanjung dan kantong parkir yang ada di Bulusan, untuk arus balik lebaran,” ujar Syamsudin, Sabtu (13/4/2024).

Kata dia, kantong parkir disiapkan sebagai upaya antisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas di depan pintu masuk Pelabuhan Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk.

ASDP juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan tampungan kendaraan sementara sebelum ke Pelabuhan agar tidak terjadi antrean di jalan raya.

“Sarana prasarana dipersiapkan untuk memperlancar jalanya arus balik Lebaran 2024. Kami prediksi arus balik mulai terjadi pada hari ini Sabtu (13/4/2024),” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Dermaga Moveable

Ada puluhan kapal feri dan tujuh dermaga yang melayani penyebrangan Ketapang-Gilimanuk, yaitu tiga dermaga moveable bridge atau dermaga bergerak, satu dermaga ponton dan satu dermaga LCM.

PT ASDP Ketapang mencatat sejak 31 Maret-10 April 2024 atau H-10 hinga hari Lebaran (H1) pemudik menyebrang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang mencapai 487.014 orang.

Sedangkan untuk kendaraan yang menyebrang didominasi kendaraan roda empat pribadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.