Sukses

Spesifikasi KA Majapahit New Generation, Kursi Searah Laju Kereta hingga Ada Tempat Shalatnya

Terdapat fasilitas dua toilet yang terpisah antara laki-laki dengan perempuan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

Liputan6.com, Madiun - Rangkaian Kereta Api (KA) "New Generation" atau generasi baru kelas ekonomi KA Majapahit relasi Stasiun Pasar Senen-Malang (Pulang Pergi) resmi beroperasi pada Senin, 25 Maret 2024.

KA Majapahit "New Generation" produksi PT INKA (Persero) ini sudah menggunakan kursi baru yang dapat disesuaikan dengan arah laju kereja sehingga dapat menambah kenyamanan penumpang.

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan PT INKA (Persero) Agung Dwi Cahyono dalam keterangannya di Madiun, Selasa (26/3/2024), mengatakan susunan rangkaian kereta tersebut menggunakan kereta jenis K3 (Ekonomi) dengan carbody stainless steel yang terdiri dari 8 kereta kelas ekonomi, 1 kereta makan, dan 1 kereta pembangkit.

"Peningkatan kereta pada kelas ekonomi ini menjadi sinergi yang baik antar-BUMN di bidang perkeretaapian. Kami bangga atas diresmikan operasional KA Majapahit New Generation," katanya.

Hal ini, lanjut dia, tentu menjadi sinergi yang luar biasa antara PT INKA (Persero) dengan PT KAI (Persero) untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia KA terutama kelas ekonomi.

Agung menyampaikan, peningkatan fasilitas pada KA kelas ekonomi dirasa sangat signifikan dari generasi sebelumnya terutama pada bagian kursi.

Kereta ekonomi yang sebelumnya berkapasitas 106 kursi dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus dan saling berhadapan. Sementara pada kapasitas kereta ekonomi New Generation saat ini menjadi 72 kursi sehingga jarak antar kursi menjadi lebih leluasa dengan formasi 2-2.

Kursi juga dapat disesuaikan kemiringan kursinya atau "reclining" dan diputar menyesuaikan dengan arah laju kereta atau "revolving".

Ia menambahkan keunggulan lain dari KA Majapahit New Generation adalah sudah dilengkapi pintu elektrik otomatis baik pada pintu masuk penumpang maupun pintu antar-kereta atau "bordes".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peredaman Kabin Lebih Baik

Kemudian, "gangway" pada kereta menggunakan "corrugated bellow" yang mampu meredam noise lebih baik dari penggunaan "rubber bellow" pada kereta ekonomi sebelumnya.

"Rangkaian kereta ini juga sudah dilengkapi fasilitas tempat shalat dan wudhu sehingga penumpang dapat lebih nyaman dalam menjalankan ibadah sholat selama dalam perjalanan," kata dia.

Tidak hanya itu, pada setiap kereta sudah disematkan Passenger Information Display System (PIDS) untuk memberikan informasi dalam perjalanan. Serta dilengkapi CCTV pada setiap kereta sehingga dapat menambahkan rasa aman kepada penumpang.

Juga terdapat fasilitas dua toilet yang terpisah antara laki-laki dengan perempuan untuk memberikan kenyamanan pada pelanggan.

"Pada kereta ekonomi New Generation ini bukan hanya kereta penumpang yang diperbarui. Kereta makan juga turut diperbarui menjadi lebih mewah dengan interior bercorak batik yang premium dengan aksen kayu dan pencahayaan lebih elegan, sehingga penumpang akan lebih nyaman dan merasakan kesan yang berbeda meskipun pada kereta kelas ekonomi," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.