Sukses

Ramai Hujan Es di Sidoarjo Ramai di Jagat Maya, Pemkab Siagakan Call Center 112

Warga jagat maya diramaikan dengan adanya fenomena hujan es di daerah Sarirogo, Kahuripan dan Taman Pinang, Kabupaten Sidoarjo. Diketahui, peristiwa itu terjadi pada Senin 26 Februari kemarin pukul 15.00 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Warga jagat maya diramaikan dengan adanya fenomena hujan es di daerah Sarirogo, Kahuripan dan Taman Pinang, Kabupaten Sidoarjo. Diketahui, peristiwa itu terjadi pada Senin 26 Februari kemarin pukul 15.00 WIB.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Diah Novita mengungkapkan, hujan es yang terjadi tersebut diakibatkan pertumbuhan awan cumulonimbus atau CB yang mencapai ketinggian lebih dari 8 Km di atas permukaan laut.

"Awan CB yang menjulang tinggi ini memungkinkan terbentuknya kristal-kristal es di puncak awan yang dapat turun menjadi hujan es," ujarnya, Selasa (27/2/2024).

Pertumbuhan awan tersebut, lanjut Diah, memang lazim terjadi di puncak musim penghujan seperti ini.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang akan terjadi beberapa hari ke depan," ucapnya.

Terpisah, salah satu warga Kahuripan Sidoarjo, Fariz mengaku membenarkan wilayah tempat tinggalnya kemarin dihujani ez batu.

"Sebelumnya awan mendung hitam sudah menghiasi langit. Selanjutnya hujan es batu itu kalau tidak salah turun dari langit pukul 15.00 WIB," ujarnya.

Fariz menyebut, hujan es batu itu terjadi hanya beberapa menit saja.

"Namun setelah itu hujan deras disertai angin kencang terus melanda," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Call Center 112

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menyiapkan layanan telepon gawat darurat yang siaga selama 24 jam.

Call Center 112 ini siap menerima panggilan telepon yang melaporkan kejadian angin puting, hujan lebat, pohon tumbang, banjir hingga hujan es batu.

Petugas call center 112 Sidoarjo, Retno menyampaikan, dalam waktu dua hari ini ada 10 panggilan masuk terkait darurat bencana.

“Yang kami terima adalah laporan pohon tumbang. Dan alhamdulillah tim dari BPBD, PMI, dan Satpol PP Sidoarjo gerak cepat merespon laporan," ujarnya.

Untuk warga Sidoarjo, kata Retno, tetap berhati-hati dan stay safe semuanya. "Jangan lupa segera hubungi 112 jika menemui kejadian gawat darurat. 112 Sidoarjo gratis, untuk Sidoarjo gemilang," ucapnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.