Sukses

Inisiatif AHY Turunkan APK Masa Tenang Menuai Apresiasi, Diharapkan Bisa Ditiru Para Kadernya

Liputan6.com, Jakarta Inisiatif Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hatimurti Yudhoyono (AHY) turun langsung memimpin pembersihan Alat Peraga Kampanye di Jakarta pada Sabtu tengah malam 10 Februari 2024, diapresiasi pihak yang berwenang.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menilai tindakan AHY patut sangat diapresiasi. Ketua Umum sebuah Partai Politik mau turun tangan langsung memimpin upaya pembersihan APK.

"Diharapkan ini bisa diteladani oleh kader-kadernya sehingga memudahkan pekerjaan kami. Sejak tengah malam kemarin, kami sendiri sudah menurunkan aparat untuk melakukan pembersihan APK,"ujarnya, Senin (12/2/2024).

Satpol PP merupakan perangkat pemerintah daerah yang diberi kewenangan untuk melakukan pembersihan APK atas permintaan Panitia Pengawas Pemilu di masing-masing daerah.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak kader dan relawan menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) Partai Demokrat di wilayah Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2024) menjelang tengah malam.

AHY dibantu relawan dan kader, menurunkan beberapa bendera Demokrat yang berjajar di sepanjang jalan Tendean.

“Saya punya prinsip bahwa sesuatu itu sangat ditentukan oleh kepemimpinan, jadi salah satu bentuk kepemimpinan yang paling sederhana adalah memberikan contoh, artinya melakukan sendiri. Tentu harapannya ini bisa mengajak serta dan termasuk menginspirasi yang lainnya. Kalau hanya sekedar instruksi rasanya belum bisa secara utuh menunjukkan kepada seluruh kader pentingnya upaya ini,” tegas AHY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Kedewasaan Berpolitik

Hal ini, kata AHY, menjadi bagian dari kedewasan berpolitik. Menurutnya, dalam pemilu ada aturan yang perlu di patuhi bersama dan masyarakat juga akan senang kalau partai-partai politiknya, para politisnya juga bukan hanya pandai berbicara tapi juga bisa menjadi contoh yang baik.

AHY juga menekankan kepada semua kadernya agar melakukan hal yang serupa di seluruh Indonesia, karena sesuai dengan aturan, mulai tanggal 11 Februari 2024 semua daerah sudah harus bersih dari APK.

“Kita mulai dari malam hari ini, sekarang masih tanggal 10 Februari, pukul 23.50 WIB. Ini adalah hari dan tanggal terakhir kampanye dan besok sudah masuk hari tenang menjelang tanggal 14 Februari,” ucap AHY dikutip akun resmi demokrat.or.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.