Sukses

Emil Dardak: Gibran Terima Semua Kritik dengan Lapang Dada, Termasuk dari Ahok

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang juga juru bicara cawapres Gibran Rakabuming Raka, menyebut Gibran terbuka terhadap kritik yang disampaikan banyak pihak, termasuk dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Semua kritik diterima oleh Mas Gibran dengan lapang dada," kata Emil, di Jatim Expo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 9 Februari 2024.

Tak sekadar menerima, namun Gibran menunjukkan sikap sportif dengan mengakui dan memuji kinerja Ahok selama menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan, kata dia, Gibran tak segan menjadikan kinerja Ahok sebagai rujukan.

"Mas Gibran mengatakan Bang Ahok relatif baik kinerjanya dan menjadi rujukan. Saya berpendapat Gibran bisa kerja, karena saya sudah melakukan penelaahan empiris terkait apa yang dilakukan Mas Gibran," ujarnya.

Emil menyebut kritik yang dilayangkan oleh Ahok justru ditanggapi oleh Gibran sebagai sesuatu yang lumrah, sebab tak semua orang bisa punya satu pemikiran yang sama.

"Jadi saya rasa semua pandangan itu kami hormati bahwa ada pihak-pihak yang punya pandangan lain, maka jadi sarana untuk introspeksi diri dan semakin berbenah ke depan," ujarnya.

Oleh karenanya, Wakil Gubernur Jawa Timur mengapresiasi sportivitas yang ditunjukkan oleh calon wakil presiden dari Prabowo Subianto itu.

"Kami ikuti keteladanan Mas Gibran yang senantiasa lapang dada menerima masukan dan saran," kata Emil Dardak.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.