Sukses

Mahfud Minta Bawaslu Usut Tuntas Kasus Tercoblosnya Surat Suara Pemilu di Malaysia, Yakini Operasi dari Pihak Lain

Liputan6.com, Banyuwangi - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md meminta Bawaslu harus cermat dan mengamati pelanggaran yang terjadi menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024. Termasuk kasus terbaru terkait dugaan surat suara yang sudah tercoblos di kolom salah satu paslon di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia.

“Supaya Bawaslu mengawasi betul dan mengungkap pelanggaran pelanggraan yang selama ini terjadi. Seperti yang terjadi di Malaysia,” ujar Mahfud usai kampanye Akbar di RTH Maron Genteng, Kamis (8/2/2024).

Ia menduga pelanggaran itu bisa saja merupakan bagian dari operasi pihak lain. Sehingga seakan-akan, kata Mahfud, dirinya yang dikorbankan.

“Padahal itu mungkin saja operasi dari pihak lain. Menyuruh tiga orang nyoblos itu, lalu ini disebut sebagai pencoblosan yang melanggar aturan,” tambahnya.

Berkaca dari hal tersebut, Mahfud meminta Bawaslu segera mengungkap tuntas kasus tersebut secapatnya.

“Maka dari itu saya minta secepatnya KPU dan Bawaslu menyelidiki apa yang sebenaranya terjadi di Malaysia,” tegasnya.

Sementara itu, saat ini Bawaslu tengah menelusuri dugaan surat suara sudah tercoblos di kolom salah satu paslon di TPSLN Malaysia.

“Sedang dalam penelusuran Bawaslu,”kata Anggota Bawaslu Lolly Suhenty.

Kata Loly, dugaan kecurangan itu diselidiki oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panaslu) Malaysia di bawah pantauan Bawaslu.

"Kita terus pantau dugaan pelanggaran ini,"pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hajatan Rakyat di Banyuwangi

Capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menggelar acara Hajatan Rakyat di Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan itu dihadiri oleh ribuan massa pendukung serta para ketum partai politik pengusung.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (8/2/2024), massa pendukung terus memadati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Maron Kecamatan Genteng Banyuwangi. Meski diguyur hujan deras, mereka tidak bergeming dan memilih terus berada di tengah lapangan.

Terlihat hingga pukul 14.30 WIB, sejumlah tokoh telah hadir, antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, serta Yenny Wahid.

Cawapres Mahfud Md pun tiba sekitar pukul 14.50 WIB. Bahkan, dia menyapa masyarakat di lokasi dengan berdiri dari dalam kendaraannya melalui sunroof.

Sementara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri turut dipastikan hadir dalam acara Hajatan Rakyat Banyuwangi.

Kampanye tersebut juga melibatkan sejumlah musisi tanah air, seperti Slank, Novia Bachmid, Tipe X, NDX AKA, Nabila Taqiyyah dan Rony Parulian.

Ada juga Anang Hermansyah, Cak Lontong, Vega Darwanti, Akbar, Echa Aura, Deny Cagur, Nella Kharisma, Vita Alvia, dan Wandra Restusiyan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.