Sukses

KPU Situbondo Siapkan Braille di Seluruh TPS, Jamin Pemilih Disabilitas Terpenuhi Haknya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, memastikan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 136 desa dan kelurahan di daerahnya disiapkan alat bantu baca atau braille bagi pemilih penyandang disabilitas tunanetra.

Liputan6.com, Situbondo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Situbondo memastikan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 136 desa dan kelurahan, disiapkan alat bantu baca braille bagi pemilih penyandang disabilitas tunanetra.

“Seluruh TPS yang berjumlah 2.015 TPS kami sediakan alat baca atau braille tegas yang dapat diraba oleh penyandang tunanetra ketika mereka hendak penyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 14 Februari 2024,”ujar Ketua KPU Situbondo Marwoto, Kamis (1/2/2024).

Pihaknya meminta seluruh jajarnya mulai dari petugas pemilihan kecamatan (PPK) hingga Tingkat terbawa yaitu anggota kelompok penyelengara pemungutan suara (KPPS) untuk melayani pemilihan disabilitas Sesuai dengan kebutuhan.

“Semua TPS harus memberikan pelayanan kepada penyandang  disabilitas. Seperti disabilitas daksa yang menggunkan kursi roda, di TPS meja kotak suara juga harus lebih rendah dan bilik suara lebih lebar,” paparnya.

Kata Marwoto, tidak semua TPS terdapat pemilih disabilitas dan KPU juga telah melakukan pemetaan TPS yang terdapat pemilih disabilitas, sehingga petugas bisa menyediakan TPS yang aksesibel atau memberikan kemudahan kepada pemilih disabilitas.

“Untuk pemilih disabilitas insya allah kami akan melayani sesuai dengan kebutuhan mereka di TPS,” tuturnya.

Hingga saat ini, KPU Situbondo tengah melakukan pengemasan logistik pemilu dengan melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

Dilibatkanya PPK dan PPS ini agar dalam pengemasan logistik pemilu ini rampung Sesuai dengan rencana, yakni ditargetkan selesai pada 4 Febaruari akan datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPU Pusat: 99 Persen Lebih Surat Suara Telah Disortir dan Dilipat

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Hasyim Asy’ari mengatakan hingga saat ini sekitar 99 persen lebih surat suara telah disortir dan dilipat sehingga tinggal menunggu dikemas dan dimasukkan dalam kotak-kotak suara.

"Dalam waktu yang tidak terlalu lama, awal Februari akan segera didorong supaya pada waktu yang telah ditentukan H-1 atau satu hari sebelum hari pemungutan suara, kotak suara yang berisi alat-alat perlengkapan, pemungutan dan penghitungan suara sudah tiba di TPS (tempat pemungutan suara) masing-masing," kata Hasyim saat acara pelantikan anggota KPPS se-Indonesia di Jakarta, Kamis 25 Januari 2024.

Hasyim menjelaskan ada 820.161 TPS untuk Pemilu 2024. Setiap TPS ada tujuh orang petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sehingga total petugas KPPS yang bertugas selama Pemilu 2024 sebanyak 5.741.127 orang.

Kepada para petugas KPPS yang dilantik hari ini, Hasyim juga mengingatkan mereka untuk bekerja profesional sesuai kode etik penyelenggara pemilu.

Dia berharap petugas KPPS dapat bersama-sama berikhtiar untuk meningkatkan kualitas layanan KPU, terutama kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.