Sukses

Sempat Hilang Kontak di Perairan Sumenep, 12 ABK KM Putra Sumber Mas Ditemukan Selamat 

Sebanyak 12 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Putra Sumber Mas ditemukan selamat. Kapal yang memuat 15 orang itu sebelumnya dikabarkan hilang kontak di perairan Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

 

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 12 Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Putra Sumber Mas ditemukan selamat. Kapal yang memuat 15 orang itu sebelumnya dikabarkan hilang kontak di perairan Kepulauan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Kini masih tersisa tiga orang yang masih dalam pencarian.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya Mahmud Afandi membenarkan, tim SAR gabungan telah menerima informasi melalui Radio Marine KN SAR Permadi tentang kabar tersebut sekitar pukul 07.15 WIB, Rabu 24 Januari kemarin.

"Sebanyak 12 orang dari 15 ABK KM Putra Sumber Mas ditemukan dalam kondisi selamat di Perairan Selat Bali, tepatnya di Utara Pulau Lombok," ujarnya, Kamis (24/1/2024).

Mahmud mengatakan, TB Kharisma 168 yang sedang manarik TB Kharisma Bahari 98 awalnya melihat 12 orang ABK yang terapung dengan menggunakan material kapal dan meminta pertolongan.

"Satu per satu survivor yang mengapung di laut itu berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke atas TB Kharisma Bahari 168," ucap Mahmud.

Mahmud mengungkapkan, KN SAR Permadi kemudian dikerahkan untuk melakukan penjemputan terhadap 12 ABK yang telah dievakuasi diatas TB Kharisma Bahari 168 tersebut. 

"Setelah mengevakuasi survivor, TB Kharisma Bahari 168 melanjutkan perjalanan menuju Gresik dengan kecepatan 2.2 knots dan intercept dengan KN SAR Permadi dilakukan di perairan sekitar Pulau Kangean," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu Cuaca Kondusif

Mahmud melanjutkan, KN SAR Permadi berhasil mendekati lokasi TB Kharisma 168. Namun sayangnya, proses tender KN SAR Permadi dengan TB Kharisma 168 tidak berhasil dilakukan akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Melihat proses tender tidak mungkin dilanjutkan, KN SAR Permadi kemudian merapat menuju Pelabuhan Sapeken untuk berlindung sedangkan TB Kharisma Bahari melanjutkan perjalanan sesuai rutenya.

"Setelah keadaan cuaca kondusif, kami akan lanjutkan lagi penjemputan 12 ABK yang ada di TB Kharisma 168 dan rencana setelah itu akan kami evakuasi menuju Dermaga Kalianget karena di sana sudah stand by ambulans dan staf medis dari KKP, Dinkes, dan Puskesmas Kalianget," ujarnya.

Daftar ABK yang Ditemukan Selamat:

1. Rohmat Mustakim (33)

2. Agus Gani Susanto (42)

3  andriko Johan Tomas (23)

4. Suburno (23)

5. Anton (31)

6. Muh. Nizar Firmansyah (21)

7. Kasino (43)

8. Ali Fauzi (55)

9. Slamet Riyadi (32)

10. Hatnanto

11. Muh. Ali Rosyidin

12. Mulyono

Tiga ABK yang Masih dalam Pencarian:

1. Agus Budi Santoso

2. Adi Susilo

3. Zainal Abidin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.