Sukses

Petugas Selamatkan Seorang ODGJ Cerburkan Diri di Jembatan Suramadu

Menurut laporan yang diterima Command Center Kota Surabaya, kejadian ODGJ ceburkan diri di Jembatan Suramadu tersebut terjadi sekitar pukul 14.08 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya bersama petugas gabungan berhasil menyelamatkan seorang Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) dilaporkan menceburkan diri ke laut Selat Madura, tepatnya di kawasan Suramadu sisi Surabaya, Selasa (16/1/2024).

Menurut laporan yang diterima Command Center Kota Surabaya, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.08 WIB.

Kepala BPBD Surabaya Agus Hebi Djuniantoro melalui laporannya mengatakan ODGJ berjenis kelamin wanita tersebut berinisial EF warga Kenjeran Surabaya dan diketahui memang sering duduk-duduk di pinggir laut.

"Menurut laporan warga, dia sering datang di situ untuk mandi dan duduk di tepi laut,” ucapnya.

Hebi menjelaskan, warga melihatnya, sekitar pukul 14.00 WIB, EF tercebur hingga hampir ke tengah laut, kemudian langsung meminta bantuan dan menghubungi Command Center 112 Surabaya.

“Petugas langsung ke lokasi, dan mencoba merayu ODGJ itu naik ke tepi laut,” katanya.

Namun, EF tak menghiraukan petugas, oleh karena itu pihaknya langsung melakukan evakuasi dengan berenang membawa pelampung dan berhasil diselamatkan.

“Setelah di evakuasi untuk ODGJ tersebut langsung di antarkan oleh petugas ke posko terpadu Kedung Cowek menuju ke Liponsos untuk di data lebih lanjut,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Luka-luka

Selain itu, dalam proses penanganan dan evakuasi, dua tim petugas BPBD mengalami luka-luka karena terkena batu karang.

“Dua tim evakuasi dari BPBD saat hendak mengevakuasi ODGJ tersebut terkena batu karang hingga sobek di bagian telapak kaki,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Kenjeran Surabaya Kompol Ardhi Purboyo menambahkan wanita yang menceburkan diri tersebut lokasinya di tepi dekat pintu air Kedung Cowek.

“Bukan tercebur dari Suramadu, namun berada di pintu air Kedung Cowek memang sengaja masuk ke air. Sudah ditangani oleh rekan BPBD,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.