Sukses

Bantah Dukung Ganjar-Mahfud, Ponpes Darussalam Banyuwangi Tegaskan Tetap Dukung AMIN di Pilpres 2024

Pengurus Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi, angkat bicara terkait kadatangan Menkopolhukam yang juga cawapres Mahfud Md ke pondok pesantren tersebut.

Liputan6.com, Banyuwangi Pengurus Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi, angkat bicara terkait kadatangan Menkopolhukam yang juga cawapres Mahfud Md ke pondok pesantren tersebut.

Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Ahmad Munib Syafaat membantah pihaknya mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud dalam Pilpres 2024.

“Kami dukung Pak Mahfud dalam kapasitas beliau sebagai Menko Polhukam,” ujar Ahmad Munib Syafaat, Jumat (12/1/2024).

Kata dia, Pengasuh Ponpes Darussalam memang sempat menyerahkan dukungan, namun tidak sebagai cawapres melainkan sebagai Menko Polhukam.

“Tidak ada dukungan kepada pasangan 03,” tegas Gus Munib sapaan akrab Ahmad Munib Syafaat

Menurutnya, Sesuai musyawarah internal bersama keluarga besar Ponpes Darussalam Blokagung, telah diputuskan arah dukungan pada Pilpres 2024 kepada pasangan AMIN, Anies- Muhaimin dan tidak ke lain hati.

Keputusan memilih AMIN itu, tambah Gus Munib, juga berlaku kepada santri, wali santri, alumni hingga simpatisan Ponpes Darusalam Blokagung Banyuwangi.

“Ini tentunya berlaku tidak hanya yang di sini saja. Yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri juga sama,” tuturnya.

Sebelumnya, Mahfud, diam-diam melakukan kunjungan politik di Banyuwangi. Mahfud mengaku berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung, dalam kapasitas sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Dalam kunjungannya itu, Mahfud bertemu dan didampingi langsung oleh Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung, KH Hisyam Syafaat.

"Saya sudah kenal lama dengan beliau sejak Gus Dur masih ada," kata Mahfud dihadapan para santri

Menurut Mahfud, kunjungannya ke Ponpes Darussalam Blokagung dalam rangka silaturahmi dan bukan bagian dari kampanye elektoral.

Melainkan kampanye tingkat tinggi terkait edukasi politik kepada pemilih pemula, dalam menentukan pilihannya. Bukan berdasarkan pidato dan visi-misinya yang ditulis.

"Saya sering kesini, dan kita ada ruang khusus untuk mendiskusikan banyak hal," ujar Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akui Ada Kedekatan dengan Mahfud Md

Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi KH. Hisyam Syafaat mengakui memang ada kedekatan dengan sosok Mahfud MD.

Oleh sebab itu, berkaitan dengan niat Mahfud sebagai Cawapres berpasangan dengan Ganjar Pranowo, pihaknya mengapresiasi dan menyatakan dukungan.

"Dukungan ini karena saya tahu dan mengenal Pak Mahfud sejak lama, latar belakang kinerja seperti apa. Serta sebagai sesama santri pondok pesantren," ungkap Kiai Hisyam kepada awak media.

Meski mendukung pasangan calon nomor urut tiga, namun pihaknya mengaku tidak mengarahkan para santri untuk memilih.

"Saya tidak mengarahkan santri untuk memilih. Tapi secara pribadi saya dukung Ganjar-Mahfud. Dan biasanya, santri yang ribuan ini ikut apa yang dipilih pengasuhnya," terang Mahfud

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.