Sukses

Ditahan Imbang Persis di Stadion GBT Surabaya, Persebaya 8 Kali Pertandingan Gagal Petik Kemenangan

Persebaya Surabaya kembali hanya mampu meraih hasil imbang saat melawan Persis Solo dengan skor 1-1 dalam laga tunda BRI Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu malam 13 Desember 2023.

 

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya kembali hanya mampu meraih hasil imbang saat melawan Persis Solo dengan skor 1-1 dalam laga tunda BRI Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu malam 13 Desember 2023.

Gol Persebaya dicetak oleh Paulo Henrique pada menit ke-30. Sedangkan gol Persis dicetak oleh Sho Yamamoto pada menit ke-58.

Dari hasil pertandingan tersebut Persebaya tetap berada di peringkat 14 dengan total poin 25 dari 21 pertandingan.

Begitu juga Persis, masih berada di peringkat ke-15 dengan total poin 25 dari 21 pertandingan.

Jalannya pertandingan pada babak pertama, klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut mengambil inisiatif untuk menyerang langsung dari sebelah kanan pertahanan lawan.

Begitu juga dengan Persis yang sesekali juga menyerang, hingga ada kesempatan yang diraih oleh Messidoro pada menit ke-6, namun tandukannya masih melebar ke sebelah kanan penjaga gawang Persebaya yang dikawal Ernando Ari Sutaryadi.

Pada menit ke-16, klub yang berjuluk Laskar Sambernyawa itu memiliki peluang lagi melalui sepakan pojok, namun sundulan Sananta masih bisa diatasi oleh penjaga gawang Persebaya.

Anak asuh dari Uston Nawawi tersebut, beberapa kali membuat umpan-umpan langsung yang mengarah ke kotak penalti lawan untuk ditujukan ke Paulo Henrique, namun penjaga gawang Persis Riyandi masih sigap untuk menjaga gawangnya.

Persebaya akhirnya bisa membuat gol yang disahkan wasit melalui tandukan Paulo Henrique pada menit ke-30, hasil asisst yang diberikan oleh Robson Duarte dari sisi sebelah kiri pertahanan Persis.

Skor sementara berubah menjadi 1-0, kemenangan untuk Persebaya.

Sejak skor berubah, tensi pertandingan kedua tim menjadi lebih cepat, hingga Persis lewat Jaimerson membuat peluang melalui sundulan, namun masih melebar tipis di sebelah kanan gawang Ernando.

Klub yang memiliki basis kelompok suporter bernama Bonek tersebut mendapat peluang lagi melalui pemain asal Garut Ripal Wahyudinpada menit ke-42, namun tendangan keras dari luar kotak penalti itu masih melambung di atas mistar gawang Persis.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum kedudukan tetap sama 1-0, kemenangan bagi tuan rumah.

Babak kedua, pada lima menit pertama, kedua tim langsung melakukan jual beli serangan.

Persis akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat mantan pemain Persebaya Sho Yamamoto lewat sundulannya pada menit ke-58, hasil umpan dari sang kapten Eky Taufik. Skor sementara berubah menjadi 1-1.

Persebaya memiliki peluang emas lewat Paulo Henrique yang berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Persis Riyandi, namun sayang setelah ditendang, bolanya mengenai tiang gawang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persebaya Terkepung

Sekali lagi, Persebaya mendapat peluang emas lewat Wildan yang menggantikan Andre Oktaviansyah pada menit ke-76, namun tendangannya masih membentur mistar gawang Persis.

Hingga menit ke-80, para penggawa Laskar Sambernyawa yang bermain efektif, kerap membahayakan pertahanan Persebaya dengan umpan-umpan dan permainan variatifnya.

Persebaya seakan terkepung dalam permainan lawan dan hanya mampu menyerang melalui serangan balik.

Ripal Wahyudi yang sedari tadi mencoba peruntungannya, pada menit ke-83, tendangan kerasnya belum mampu membobol gawang Persis yang dijaga Riyandi.

Menjelang waktu normal berakhir, intensitas pertandingan makin tinggi dengan serangan-serangan yang dibangun oleh kedua tim.

Namun, hingga wasit Heru Cahyono asal Jakarta Selatan meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan skor tetap 1-1.

Pada laga berikutnya, Persebaya akan melawat ke kandang Persikabo 1973 pada 17 Desember 2023 di Stadion Wibawa Mukti Bekasi. Sementara, Persis akan menjamu Dewa United pada tanggal yang sama.

3 dari 3 halaman

Daftar Susunan Pemain

Persebaya Surabaya:

Ernando Ari Sutaryadi (PG), Andre Oktaviansyah, Paulo Henrique Santos De Azevedo, Mikael Alfredo Tata, Silva Paixao Yan Victor, Robson Carlos Duerte, Riswan H Lauhin, Ripal Wahyudi, Toni Firmansyah, Muhamad Kasim Botan, Bruno Moreira Soares (K).

Pelatih: Uston Nawawi

Persis Solo:

Muhamad Riyandi (PG), Jaimerson Da Silva Xavier, Alfath Faathier, Alexis Nahuel Messidoro, Sho Yamamoto, Sutanto Tan, Rian Miziar, Mohammad Kanu Helmiawan, Eky Taufik Febrianto (K), Muhammad Faqih Maulana, M. Ramadhan Sananta.

Pelatih: Tithan Wulung Suryata

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.