Sukses

Tukang Sadap Getah Pinus Ditemukan Tewas Jadi Korban Karhutla di Trenggalek

Seorang pria lansia berinisial RA (68) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sadap getah pinus ditemukan tewas di tengah hutan yang terbakar, di sekitar Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Trenggalek.

Liputan6.com, Trenggalek - Seorang pria lansia berinisial RA (68) yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sadap getah pinus ditemukan tewas di tengah hutan yang terbakar, di sekitar Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Trenggalek.

Diduga, korban terjebak di tengah kobaran api yang membakar area hutan petak tempatnya menyadap getah pinus.

Sejumlah saksi meyakini RA meninggal dunia akibat kebakaran hutan dan lahan saat berupaya memadamkan api kala terjadi kebakaran hutan di petak 56-1 RPH Trenggalek, tempat dia mencari nafkah.

"Betul, yang bersangkutan bekerja sebagai pekerja sadap getah pinus di petak itu," kata Kasat Reskrim Polres Trenggalek, AKP Zainul Abidin, Sabtu (4/11/2023).

Sebelum tewas, korban diyakini pingsan terlebih dahulu akibat terlalu banyak menghirup gas karbon monoksida yang berbahaya bagi tubuh.

Zainul menambahkan, petugas tidak menemukan adanya unsur-unsur penganiayaan atau tindakan kekerasan dalam kasus itu.

Ia menyebut, RA murni meninggal dunia akibat terbakar dalam peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada, Kamis (2/11).

Kesimpulan itu diperkuat dengan hasil pemeriksaan para saksi dan olah tempat kejadian perkara.

"Hasil olah TKP, 100 persen murni meninggal karena terbakar," katanya.

Dia menjelaskan, korban meninggal dunia akibat terbakar setelah pingsan saat berupaya memadamkan api. Sebab, di tengah aktivitasnya melakukan sadap karet, tiba-tiba di lokasinya bekerja mengalami kebakaran.

Titik api itu berasal dari bawah dan dengan cepat membakar kawasan hutan dengan luas kurang lebih satu hektare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.