Sukses

Kepuasan Warga Jatim pada Kinerja Khofifah-Emil Dardak Capai 82,1 Persen, Berpeluang Lanjutkan Duet

Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt membeberkan tingkat kepuasan warga Jatim terhadap kinerja Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistiano Dardak selama hampir lima tahun memimpin Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt membeberkan tingkat kepuasan warga Jatim terhadap kinerja Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistiano Dardak selama hampir lima tahun memimpin Jatim.

"82,1 persen warga Jatim puas terhadap kinerja Khofifah. Dan 81,7 persen warga Jatim puas terhadap kinerja Emil," ujar Baihaki dalam paparan hasil surveinya, Kamis (2/11/2023).

Selain itu, Baihaki menjelaskan, elektabilitas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masih tertinggi di Pilgub Jatim 2024.

"Elektabilitas Khofifah sebagai cagub Jatim masih teratas dan unggul jauh dari nama-nama lainnya," ucapnya.

Survei ARCI untuk Calon Gubernur (Cagub) Jatim 2024, elektabilitas Khofifah di angka 35,6 persen, kemudian disusul Emil Dardak 19,4 persen dan Fauzi 17,3 persen.

"Kemudian ada nama Eri Cahyadi 5,7 persen, Sarmuji 5,3 persen, Anwar Sadad 4,4 persen, Gus Ipul 4,3 persen, Gus Halim 3,2 persen, Heru Tjahjono 2,7 persen," ujar Baihaki.

Baihaki mengjngkapkan, peluang Khofifah untuk maju dan menang di Pilgub Jatim 2024 sangat terbuka lebar. Menurutnya, elektabilitas Khofifah bisa terkerek naik jika sudah mendeklarasikan diri maju lagi di Pilgub Jatim.

"Pasca Khofifah hampir dipastikan tidak running di Pilpres 2024, tentu peluangnya kini di Pilgub Jatim untuk running maju lagi di periode keduanya," ucap Baihaki.

"Peluang Khofifah untuk menang lagi di Pilgub Jatim 2024 sangat besar, apalagi tingkat kepuasan warga Jatim sangat tinggi," imbuh Baihaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Emil Dardak Figur Paling Potensial Dampingi Khofifah

Baihaki juga menyampaikan tentang cawagub paling potensial untuk Khofifah di Pilgub Jatim 2024. Berdasarkan angka elektabilitas survei, Emil Dardak merupakan figur paling potensial untuk mendampingi Khofifah.

"Emil Dardak cawagub paling potensial maju bersama Khofifah lagi di Pilgub Jatim alias Khofifah-Emil jilid II. Elektabilitas Emil sebagai cawagub Jatim di angka 35,2 persen, jauh meninggalkan nama-nama lain," ujarnya.

"Jika Khofifah-Emil berpasangan lagi, maka peluang mereka menang di Pilgub Jatim 2024 sangatlah besar. Bisa dikatakan belum ada nama lain yang menandingi sampai dengan hari ini," tambah Baihaki.

Diketahui, survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/ kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.