Sukses

Calon Senator Jatim Ini Ungkap Tagline Politik Adem Jelang Penetapan DCT, Aman Damai Tentrem

Lia Istifhama, caleg DPD RI dari Jatim menyatakan kesiapannya meraih simpati masyarakat setelah namanya dipastikan masuk dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) KPU yang akan diumumkan pada 3 November 2023.

 

Liputan6.com, Surabaya - Lia Istifhama, caleg DPD RI dari Jatim menyatakan kesiapannya meraih simpati masyarakat setelah namanya dipastikan masuk dalam Daftar Caleg Tetap (DCT) KPU yang akan diumumkan pada 3 November 2023.

Doktor dari UINSA Surabaya tersebut menerangkan bahwa ia fokus dalam strategi menguatkan politik adem.

“Sebagai salah satu anak bangsa yang memiliki tanggungjawab menjaga proses demokrasi yang sehat, maka saya kira penting menguatkan politik adem, yaitu aman damai tentrem. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pola berpolitik harus jauh dari karakter saling menjatuhkan ataupun hate speech," ujar perempuan yang akrab disapa Ning Lia itu, Minggu (29/10/2023).

Ia menyontohkan saat terjun ke masyarakat, sebisa mungkin tidak terjebak pada jebakan batman untuk menjatuhkan kompetitor. Namun sebaliknya, justru harus menguatkan, bahwa publik berhak menilai, siapa yang konsisten, istiqomah, dan siapa yang hanya tampil saat membutuhkan suara.

Ia pun menambahan, identitas adem sangat kental dengan warna ijo, sesuai tagline yang digaungkannya, yaitu Ning Lia Jilbab Ijo.

"Untuk foto dalam surat suara, saya memilih warna ijo khas NU, khas Muslimat. Warna ijo ini memang ijo yang memiliki spirit memberikan keteduhan atau adem, bahasa Suroboyoannya. Jadi saya yakin, salah satu bukti nyata ingin menguatkan politik adem, sudah nampak dari warna jilbab.

Maju sebagai calon senator dapil Jatim, perempuan milenial tersebut juga ingin mengajak para anak muda, baik gen Z dan pemilih pemula, untuk sama-sama berpartisipasi dalam pesta demokrasi.

Keponakan Khofifah ini mengimbau kepada gen Z maupun pemilih pemula agar mempelajari rekam jejak para calon pilihan. Caranya bisa dengan melakukan pengecekan di mesin pencarian Google untuk mengetahui keaslian karakter calon pemimpin.

"Jika ditemukan sosok yang pas, baik itu capres-cawapres yang ada dalam surat suara berwarna abu-abu, anggota DPD yang ada dalam surat suara berwarna merah, kemudian anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota, maka pilih mereka. Ini merupakan hak dan kewajiban demokrasi semua anak bangsa," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Turun Bersama Pelaku UMKM

Nominator Tokoh Perempuan Populer Madura tersebut juga menyampaikan visi besarnya, yaitu turut menguatkan eksistensi UMKM di Jawa Timur.

Lia menjelaskan, ada banyak hal yang tengah ia bangun untuk membuktikan peran nyata ketika dirinya tidak memiliki jabatan publik apapun saat ini. Disini ia ingin menegaskan bahwa setiap warga masyarakat berhak dan mampu berperan tanpa memiliki jabatan. Diantara mimpi besar yang ingin ia raih melalui senator kelak, adalah turut menguatkan UMKM Jatim.

"Selama ini saya bersyukur, banyak turun bersama pelaku UMKM di berbagai Kabupaten dan Kota. Saya sangat berharap hal ini terus berjalan, bahkan semakin masif dan maslahat. Diantara hal simpel yang bisa ditempuh adalah menjadi endorse produk UMKM. Tentu, selain berikhtiar membuka akses untuk pemasaran mereka," imbuhnya.

Ning Lia sendiri, sebelumnya resmi mendaftar ke KPU Jatim pada 9 Mei 2023. Saat itu, pengurus Fatayat NU Jatim tersebut diterima oleh semua komisioner, yaitu Ketua Choirul Anam, Anggota Insan Qoriawan, Gogot Cahyo Baskoro, Miftahur Rozaq, Rohani, Nurul Amalia, dan Sekretaris Nanik Karsini. (mdr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.