Sukses

Curhat Wagub Emil Dardak Jadi Jomblo Dadakan di Acara Istana Berbatik, Lho Ke Mana Arumi Bachsin?

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mendadak jadi jomblo saat mewakili Khofifah di acara Istana Berbatik, pada Minggu 1 Oktober 2023.

 

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mendadak jadi jomblo saat mewakili Khofifah di acara Istana Berbatik, pada Minggu 1 Oktober 2023.

Disaat para tamu undangan lain berdatangan dengan pasangan masing-masing, Emil datang seorang diri tanpa pendamping, Arumi Bachsin, sang istri tercinta.

Emil pun curhat tentang status jomblonya tersebut di media sosial miliknya, emildardak.

"Nasib ditugasi ibu Gubernur mewakili di acara Istana Berbatik, jadi satu-satunya perwakilan Gubernur & Wagub se-Indonesia yang "jomblo" di catwalk," tulisnya dikutip, Selasa (3/10/2023).

Lantas, kemana Arumi tidak mendampingi suaminya?

Ternyata, sang istri Arumi Bachsin sedang bertugas mempromosikan produk ekonomi kreatif Jatim di ajang Indonesian Week di Seoul Korsel.

"Penonton juga rata-rata sama pertanyaannya, "mana mba Arumi?" ujar Emil.

Emil mengaku bangga bisa ikut meramaikan acara Istana Berbatik. Dia bangga melihat karya fashion batik yang keren diperagakan semalam di Istana Berbatik.

"Kira-kira kenapa pak Presiden Jokowi dan ibu Iriana kayaknya tertawa begitu ya pas saya lewat? Mungkin saja di pikiran beliau 'kasihan amat ini wagub jalan sendirian', atau karena penampilan saya yang sangat jauh dari standar catwalk seorang peragawan. Apapun itu, yang penting sudah usaha ya.." sambungnya.

 

Di bagian lain, Arumi Bachsin tampak happy memamerkan kegiatannya di acara Dekranasda Provinsi Jawa Timur hadir di Festival Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Gwanghwamun Plaza, Seoul, Korea Selatan pada 28-29 September 2023.

Bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea yang mengusung tema "Closer Friendship, Stronger Partnership."

Selain sebagai ajang pamer seni kebudayaan Indonesia, Festival Indonesia juga bertujuan untuk mengembangkan pasar produk UMKM, mempromosikan pariwisata serta memperkuat hubungan people to people antara Indonesia dan Korea.

"Senang sekali menjadi bagian dari acara luar biasa ini. Saranghae," tulis Arumi di akun Instagramnya, @arumibachsin_94.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istana Berbatik Sarat Nilai Budaya

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo merasa senang, gelaran acara Istana Berbatik dapat terselenggara pada malam ini di Kompleks Istana Merdeka Jakarta. Menurut Angela, selaku ketua panitia acara, suguhan yang berlangsung pada malam terasa khidmat dan sarat akan nilai budaya yang filosofis. 

“Istana Berbatik merupakan sebuah pagelaran busana yang menampilkan ragam batik Nusantara, yang sarat akan makna filosofis dan keindahannya tak lekang oleh waktu,” kata Angela seperti dikutip dari channel Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (1/10/2023).

Angela menjelaskan, pada pagelaran Istana Berbatik malam hari ini, suguhan para model profesional yang diikuti oleh sejumlah kelompok masyarakat berbatik akan ditampilkan. Mereka akan mengenakan model batik yang beragam dari tiap masa dan lintas generasi. 

“Malam ini kita akan menyaksikan bagaimana batik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, generasi ke generasi, dan telah menjadi bagian diplomasi budaya Indonesia,” tutur putri dari Ketua Umum Perindo Hary Tanoe ini.

Angela berharap, melalui acara Istana Berbatik maka bangsa Indonesia bisa lebih mencintai warisan tak benda yang sudah diakui oleh dunia.

“Melalui acara ini, batik sebagai warisan budaya Indonesia dapat semakin digemari, semakin dikreasikan, semakin sering dikenakan, sehingga semakin lestari dan mensejahterakan,” Angela menandasi.

 

3 dari 3 halaman

Dihadiri Jokowi dan Maruf Amin

Pantauan via daring, acara dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta para ibu negaranya masing-masing. Kemudian juga terlihat Panglima TNI dan Kapolri, juga jajaran menteri kabinet Indonesia Maju.

Sebagai informasi, Istana Berbatik akan dimeriahkan oleh 503 orang peraga istimewa yang terdiri dari perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri, para ibu OASE, perwakilan menteri-menteri, figur publik, dan model. Mereka akan berjalan di panggung catwalk  sepanjang 150 meter dengan latar belakang Istana Merdeka yang megah dan historis. 

Diketahui, acara dapat terselenggara atas dukungan pelbagai pihak, mulai dari terbaik pihak-pihak kerajaan yang tersebar secara nasional, UMKM binaan Bank Indonesia dan BRI, dan batik karya para perancang busana Indonesia.

Selain peragaan batik di catwalk, acara juga diisi oleh seni tari dan pameran UMKM batik sebagai wujud dukungan bagi karya anak bangsa. Total acara ini mengundang  4.380 orang, dengan disiarkan secara nasional  langsung oleh media serta melalui LED di sekitar Istana Merdeka.

Acara Istana Berbatik, dipandu langsung oleh host kenamaan Tanah Air Raffi Ahmad dan Astrid Tiar. Acara berlangsung sejak pukul 19.00 WIB. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.