Sukses

Stadion GBT Surabaya Bakal Steril Mulai 15 September hingga Piala Dunia U-17 Berakhir

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku sudah menerima surat dari PUPR terkait sterilisasi di Stadion GBT untuk keperluan Piala Dunia U-17.

Liputan6.com, Surabaya - Stadion Gelora Bung Tomo atau GBT Surabaya akan disterilisasi mulai tanggal 15 September 2023 hingga gelaran Piala Dunia U-17 selesai sesuai surat keputusan yang dilayangkan dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke Pemerintah Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku sudah menerima surat dari PUPR terkait sterilisasi di Stadion GBT untuk keperluan Piala Dunia U-17.

"Kami dapatnya baru kemarin malam, dapat surat itu. Ini adalah kepentingan bangsa Indonesia," kata Eri di Surabaya, dilansir dari Antara, Senin (18/9/2023).

Karenanya, Eri menyebut dengan adanya instruksi tersebut maka perizinan penggunaan Stadion GBT menjadi wewenang Kementerian PUPR.

Perizinan tersebut juga termasuk penggunaan stadion yang berada di wilayah Surabaya Barat untuk keperluan menggelar laga kandang Persebaya di Liga 1, termasuk laga "Derbi Jawa Timur" menghadapi Arema FC, pada Sabtu, 23 September 2023.

"Sudah di luar kewenangan Pemkot Surabaya, karena sudah dilakukan kementerian," ujarnya.

Karenanya, ketika Persebaya tetap menginginkan berkandang di Stadion GBT, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap menjadi jembatan komunikasi antara manajemen klub dengan kementerian.

Namun, dia kembali menyatakan pihaknya sementara ini tak berhak menerbitkan izin penggunaan stadion.

"Kalau terkait Menteri PUPR, kami berdiskusi dengan manajemen Persebaya, dan bicara ke Menteri PUPR, tetapi kalau terkait perizinan dan lain-lain di luar kewenangan kami," katanya.

Koordinasi kata dia juga dilakukan bersama pihak kepolisian terkait aspek pengamanan dan PSSI selaku induk organisasi sepakbola Tanah Air.

"Insya Allah Persebaya akan koordinasi dengan PSSI dan kepolisian, karena bagaimana pun keamanan terpenting nomor satu," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Tempat Pembukaan U-17

Wali Kota Surabaya memahami laga "Derbi Jawa Timur" merupakan salah satu pertandingan yang dinantikan para suporter bajol ijo, namun dia berharap pendukung dan manajemen klub Persebaya bisa memahami agenda Piala Dunia U-17 sebagai kepentingan bangsa.

"Bagaimana menarik kepercayaan dunia, termasuk FIFA untuk ada di Indonesia, khususnya Surabaya. Jadi sama-sama menjaga," kata dia.

Sebagaimana yang diketahui, Stadion GBT, Surabaya dipastikan menjadi lokasi pembuka kejuaraan sepak bola Piala Dunia U-17.

Tim Nasional Indonesia U-17 yang tergabung di grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko akan melakoni laga di stadion tersebut.

Anak asuh Bima Sakti dijadwalkan memulai petualangan dengan menghadapi Ekuador, pada 10 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.