Sukses

Kemendag Gandeng UMJ Serukan Cinta Produk Dalam Negeri

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) gelar sosialisasi cinta produk dalam negeri melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) gelar sosialisasi cinta produk dalam negeri melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia.

Wakil Rektor IV UMJ Septa Candra menyampaikan, sosialisasi ini merupakan kegiatan yang penting dilakukan, karena masih banyak rakyat Indonesia yang tidak cinta dengan produk anak bangsa. Padahal produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik.

“UMKM akan bertahan dan berkembang sehingga dapat membuka lowongan pekerjaan dan mengurangi pengangguran. Kita sebagai Perguruan Tinggi dituntut untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan di dalam kampus. Harapannya mahasiswa setelah lulus tidak lagi menjadi job seeker melainkan bagaimana caranya menjadi bos,” ujar Septa di Auditorium dr. Syafri Guricci Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ, Kamis, (31/08/2023).

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Fajarini Puntodewi   menyampaikan sosialisasi ini dapat menggerakan kaum muda untuk dapat memproduksi, membeli dan menggunakan produk-produk dalam negeri.

“Melalui kecintaan terhadap produk Indonesia dan menggunakannya, tentu akan menumbuhkan persoalan sosial dan aktivitas perekonomian Indonesia," ujarnya.

Dari kegiatan ini, pihaknya juga melihat produk-produk inkubator dari mahasiswa UMJ itu sangat bagus bahkan sudah ada yang memiliki label halal.

"Ini memiliki potensi untuk merancah ke tingkat nasional bahkan bisa sampai internasional,” ujar Fajarini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Harus Membeli Produk Anak Bangsa

Sosialisasi juga menghadirkan dua narasumber inspiratif yaitu Founder Good News From Indonesia Akhyari Hananto dan Koordinator Inovasi, HAKI dan Hubungan antar Lembaga LPPM UMJ Taufiqurokhman.

Akhyari Hananto menyampaikan, alasan bangsa Indonesia harus cinta, bangga, dan membeli produk Indonesia diantaranya sebagai wujud cinta dan syukur menjadi anak bangsa Indonesia, menyediakan lapangan kerja, meningkatkan kualitas made in Indonesia, dan produk Indonesia belum mendapatkan tempat terhormat.

Pada era teknologi yang kian pesat, mahasiswa sebagai generasi muda justru kurang memiliki inovasi. Hal tersebut dijelaskan Taufiqurokhman, bahwa ada arus peradaban di mana generasi muda menjadi lebih malas. Kecerdasan manusia saat ini yang dilatih adalah audio dan visual.

“61 persen perekonomian di Indonesia diisi oleh UMKM. Indonesia saat ini sedang transformasi digital. Meskipun mahasiswa tapi perlu melakukan usaha produktif. Tidak hanya mahasiswa, dosen pun saya harap dapat dibina agar memiliki jiwa wirausaha,” ujar Taufiq.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.