Sukses

Aira Rahmatilah Beber Rahasia Jadi Lulusan Terbaik Unesa: Waktu, Waktu, Waktu

Anak pedagang telur di pasar tradisional Duduk Sampeyan, Gresik, Jawa Timur, Aira Rahmatilah, dinobatkan sebagai lulusan terbaik S-1 Sistem Informasi di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan meraih IPK 3,91.

Liputan6.com, Surabaya - Anak pedagang telur di pasar tradisional Duduk Sampeyan, Gresik, Jawa Timur, Aira Rahmatilah, dinobatkan sebagai lulusan terbaik S-1 Sistem Informasi di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan meraih IPK 3,91.

Aira termasuk mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa Bidikmisi dan beasiswa lainnya selama kuliah di Unesa. Waktu kuliah ia juga mengambil kerja parttime dengan menjadi guru les.

"Harus menuntaskan sebaik-baiknya waktu kuliah saya, saya ikut part time karena saya punya ibu dan adik yang harus saya bantu. Saya tidak mau waktu saya terbuang sia-sia. Kuncinya di waktu, waktu dan waktu," ujarnya, usai prosesi wisuda Graha Unesa, Jumat (11/8/2023).

Semangat perempuan kelahiran Gresik, 12 Juli 2021 tersebut mendorongnya untuk mencari beasiswa S2 ketika masih kuliah S1.

"Saya berhasil mendapat beasiswa Ministry of Education (MoE) S-2 di dua kampus Taiwan yaitu National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan National Dong Hwa University (NDHU)," ucapnya.

Setelah berbicara dengan orang tua dan dosennya, perempuan yang menuntaskan sarjana dalam 3,5 tahun itu memilih kuliah di Department of Information Management, National Dong Hwa University (NDHU) dan akan berangkat pada September 2023 mendatang.

"Saya bercita-cita menjadi akademisi, guru atau dosen. Kalau ada kesempatan nanti setelah S-2 mau lanjut S-3 di sana. Saya berterima kasih kepada pimpinan dan dosen, orang tua, teman-teman semuanya atas dukungannya selama ini," ujarnya.

Bagi Aira tak ada yang tak mungkin bila seseorang mempunyai tekad kuat. Ia memaksimalkan waktu kuliah untuk belajar dan berjejaring guna mendapatkan informasi mengenai beasiswa. Semuanya dikerjakan berbarengan mulai semester 1.

"Terkait pembagian waktu semester 1 antara akademik dan organisasi saya jalankan keduanya. Saya memaksimalkan waktu-waktu saya sebaik-baiknya," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Berkas dan Toefl

"Saat berada dikelas saya tuntas semuanya disana, sehingga ketika berada luar kelas saya bisa beroganisasi dan mengikuti kegiatan lainnya," jelasnya.

Menurut Aira, hal paling utama yang harus disiapkan ketika ingin mengambil beasiswa adalah kesiapan berkas dan toefl.

"Kalau bisa dibuatkan list apa saja persyaratan yang dibutuhkan sehingga tidak kebinggungan," tandasnya.

Selain Aira, Unesa juga meluluskan 1.501 wisudawan dari berbagai program studi. Mereka adalah lulusan wisuda ke-106 Unesa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.