Sukses

Bahaya Rek, Jangan Gunakan Jalan Raya untuk Latihan Gerak Jalan Agustusan

Satuan Lalu Lintas Polresta Banyuwangi meminta masyarakat untuk tidak menggunakan jalan raya sebagai rute Latihan gerak jalan saat ini

Liputan6.com, Banyuwangi Satlantas Polresta Banyuwangi meminta masyarakat untuk tidak menggunakan jalan raya sebagai rute latihan gerak jalan Agustusan. Sebab selain mengganggu arus lalu lintas, latihan gerak jalan di jalan raya juga beresiko membahayakan jiwa.

“Imbauan ini kami sampaikan  karena kami melihat fenomena itu akhir- akhir ini kerab kami temui di jalan,” ujar Kasatlantas Polresta Banyuwangi Kompol Rendy Asdar, Selasa (8/8/2023).

Gerak jalan merupakan menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang dilombakan  dalam semarak Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI.

Jika memang terpaksa, kata Rendy, masyarakat dapat mengajukan perizinan penggunakan fasilitas umum. izin itu diajukan kepada Dinas Perhubungan dan Satlantas. Dalam izin itu, harus dicantumkan ruas jalan mana saja yang akan dilakukan untuk rute latihan.

Setelah itu Satlantas akan melakukan kajian. Bila dirasa berbahaya dan berpotensi menganggu kelancaran arus lalu lintas. Satlantas akan memberikan rekomendasi rute lain.

“Kami akan memberikan rekomendasi jalan-jalan yang aman untuk dilakukan,” bebernya.

Jika ada masyarakat yang kedapatan melakukan Latihan gerak jalan di jalan raya tanpa izin, Satlantas Polresta Banyuwangi tidak segan memberikan Tindakan.

“Pasti akan kami tindak tegas bagi yang menyalahi aturan, demi keselamatan bersama karena cukup berbahaya ” tegasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agustusan di Istana Negara

Sekretariat Presiden mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut hadir secara langsung dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Upacara HUT ke-78 RI di halaman Istana Merdeka akan dilaksanakan secara terbuka dengan jumlah undangan yang lebih banyak.

"Tahun ini, masyarakat yang hadir di Istana untuk mengikuti upacara akan lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin sebagaimana dikutip dari siaran pers, Jumat (4/8/2023).

Adapun jumlah undangan yang telah disiapkan oleh Sekretariat Presiden bagi masyarakat untuk hadir dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi ke-78 Kemerdekaan RI di pagi hari. Sementara itu, Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari yakni masing-masing 8.000 undangan.

Selain itu, peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini pun akan dikemas lebih menarik dengan menyajikan sejumlah hiburan bagi masyarakat yang akan menyaksikan.

"Dan tentunya sangat menarik dan menghibur seluruh masyarakat," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin mengikuti jalannya upacara di Istana Merdeka, dapat mendaftarkan diri melalui situs pandang.istanapresiden.go.id yang akan mulai dibuka pada tanggal 5 Agustus 2023.

Masyarakat yang telah mendaftar akan diverifikasi terlebih dahulu. Kemudian, jika dinyatakan lolos verifikasi, pendaftar akan mendapatkan email notifikasi pengambilan undangan untuk hadir mengikuti upacara secara langsung di Istana Merdeka.

Dalam keterangannya dalam tayangan video, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono juga turut mengingatkan masyarakat agar tidak melewatkan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut secara langsung dari Istana Merdeka.

"Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk hadir pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini di Istana Merdeka," ucap Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.