Sukses

MPLS 2023 Simulai, SDN Tumenggungan Solo Hanya Punya Satu Siswa Baru

Lazimnya, masa MPLS di sekolah dipenuhi dengan banyak siswa yang telah mendaftar sebelumnya. Namun, hal ini tidak terlihat di SDN Tumenggungan Surakarta. Salah satu sekolah negeri itu memulai tahun ajaranbaru dengan hanya satu siswa baru hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah daerah mengawali masa belajar 2023/2024 dengan menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Lazimnya, masa MPLS di sekolah dipenuhi dengan banyak siswa yang telah mendaftar sebelumnya. Namun, hal ini tidak terlihat di SDN Tumenggungan Surakarta. Salah satu sekolah negeri itu memulai tahun ajaranbaru dengan hanya satu siswa baru hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024. 

"Akhirnya siswa kami satu, ini yang lewat offline," kata Kepala Sekolah Leily Maria di Solo, Senin (17/7/2023). 

Ia mengatakan secara zonasi, sekolah tersebut memang jauh dari perkampungan sehingga memungkinkan sekolah yang berada di Kecamatan Banjarsari ini kesulitan memperoleh siswa baru dari jalur zonasi. 

"Sekolah kami jauh dari perkampungan, bisa dilihat lingkungan sekitar kondisinya seperti apa," katanya. 

Ia mengatakan sedikitnya jumlah siswa baru yang diterima oleh sekolah tersebut bukan pertama kali terjadi. Ia mengatakan tahun lalu jumlah siswa baru ada sebanyak lima anak.

"Saat ini total siswa kami ada 54 siswa," katanya. Sementara itu, untuk memastikan siswa tidak merasa sendiri saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, nantinya akan ada kolaborasi antara guru siswa kelas 1 dan kelas 2. 

"Di kurikulum merdeka kan ada fase A dan fase B. Guru kelas satu kolaborasi dengan guru kelas dua supaya anak tidak merasa sendirian. Jadi pandai-pandainya guru melakukan kegiatan dengan siswa," katanya. 

Sebelumnya, awalnya sekolah tersebut memperoleh dua peserta didik namun satu siswa di antaranya mengundurkan diri sehingga hanya ada satu siswa dari jalur offline.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa Itu MPLS?

MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Apa itu MPLS dulunya dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS). MPLS adalah kegiatan siswa baru saat pertama masuk sekolah pada awal tahun ajaran baru. Apa itu MPLS biasanya ada di tingkat SD, SMP, dan SMA.

MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan dan pembinaan bagi siswa. Hampir seluruh sekolah baik negeri maupun swasta menggunakan cara ini untuk mengenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. MPLS dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada hari sekolah dan jam pelajaran.

Tak hanya itu, para siswa baru juga akan diperkenalkan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah. Jadi, tidak hanya berkenalan dengan sekolah dari sisi fisik saja, para siswa baru juga berkenalan dengan aspek yang bersifat non fisik di sekolah tersebut. Hal ini sesuai dengan Permendikbud No.18 Tahun 2016, bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan.

Apa itu MPLS kegiatannya dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya. Konsep apa itu MPLS yaitu humanis, dinamis, menyenangkan, edukatif, dan bermakna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.