Sukses

Bedah Penggunaan AI untuk Pendidikan, UBM Hadirkan Profesor China Pendiri Pusat Riset AI

Universitas Bunda Mulia (UBM) menegaskan kesiapannya menghadapi tren teknologi terkini yaitu artificial intelligence (AI) atau kecerdaan buatan di dunia pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Bunda Mulia (UBM) menegaskan kesiapannya menghadapi tren teknologi terkini yaitu artificial intelligence (AI) atau kecerdaan buatan di dunia pendidikan.

Dalam rangka menegaskan kesiapannya menghadapi teknologi AI, Program Studi Bahasa Mandarin UBM menggelar kuliah umum untuk mahasiswa, dosen dan juga publik dengan menghadirkan Assoc. Prof Wang Huazhen, Associate Professor dari College of Computer Science and Technology, Huaqiao University dan visiting lecturer di Department of Computer Science, University of London. wang juga tercatat sebagai pendiri Center of AI Research Huaqiao University, China.

Patricia Robin, Koordinator Humas The UBM Studium Generale menyatakan, kuliah ini bertujuan untuk menggali lebih dalam peran penting kecerdasan buatan dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

"Tadi dibahas secara lengkap, peserta juga dijelaskan bagaimana kecerdasan buatan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa, seperti speech-to-text generation yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi pelafalan," ujarnya, Kamis (6/7/2023).

Selain itu juga AI bisa digunakan untuk talking face yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih percakapan lisan, dan chatgpt yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penjelasan mengenai kosa kata, contoh kalimat, serta bahan latihan.

"Prof. Wang Huazhen juga memperkenalkan beberapa aplikasi kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Baidu yang dapat diakses di Baidu AI Open Platform," sambungnya.

Pada akhir pemaparan materi, Patrician menyatakan, Prof. Wang Huazhen mengajak para peserta untuk mencoba aplikasi pembelajaran bahasa Mandarin berbasis AI yang dikembangkan oleh ChineseRd, yaitu AI Chinese Pronunciation test dan HSKK Simulation Testing.

"Antusias peserta sangat terlihat dimana semua peserta mencoba aplikasi tersebut dan melihat hasil evaluasi dari tes mereka," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AI untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Patricia menyatakan, kehadiran AI menjadi celah untuk dapat meningkatkan kualitas pengajaran dan kecakapan dalam penguasaan bahasa Mandarin. Terlebih lagi, saat ini bahasa Mandarin menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia.

Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Bunda Mulia merupakan Program Studi Unggulan terakreditasi A yang juga memiliki program joint degree dengan Fujian Normal University (FNU) di Tiongkok, serta memiliki tenaga pengajar dan native speaker berpengalaman yang merupakan lulusan dari universitas di dalam dan luar negeri.

Peminatan yang ditawarkan juga beragam, antara lain Chinese for Business, Teaching Chinese as a Foreign Language, Chinese Media and Communication.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.