Sukses

Pameran Hewan Ternak "Banyuwangi Livestock Contest 2023" Jadi Ajang Promosi Peternakan

Diawali dengan penampilan kontingen dari Kecamatan Wongsorejo yang merupakan salah satu daerah dengan populasi besar di Banyuwangi.

Liputan6.com, Banyuwangi - Ratusan hewan ternak dipamerkan di kontes hewan ternak "Banyuwangi Livestock Contest 2023" yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Selain menjadi ajang promosi potensi peternakan, dengan parade hewan terak (sapi, domba) semacam ini, masyarakat akan tahu kualitas ternak Banyuwangi," ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Selasa (20/6/2023).

Dalam acara itu, Ipuk mengapresiasi para peternak berprestasi yang telah merawat hewan ternaknya dengan baik, sehingga menghasilkan bibit ternak yang unggul dan produktif.

Kontes hewan ternak ini diharapkan mampu memberi dampak baik bagi sektor peternakan di kabupaten setempat. Selain dampak ekonomi, gelaran yang masuk dalam kalender agenda Banyuwangi Festival itu diharapkan dapat menjadi sarana edukasi peternakan.

"Peternakan menjadi sektor penting dan menarik karena di Banyuwangi selain terkenal dengan pertanian dan perikanan, juga peternakannya," ujarnya.

Bupati Ipuk mengaku senang karena kontes hewan ternak tersebut juga menjadi wadah bagi para peternak pemula golongan milenial untuk meraup ilmu dari para kawakan.

"Di kontes hewan ternak ini para peternak pemula (milenial) bertemu dan berbagi ilmu mengenai peternakan," katanya.

Ratusan hewan ternak berdandan atraktif berparade mengelilingi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kecamatan Kabat. Hewan ternak tampil menarik mengenakan kostum dan asesoris unik ala karnaval mengikuti parade.

Hewan ternak sapi ini tampil bergiliran tiap peserta dari masing-masing kecamatan. Diawali dengan penampilan kontingen dari Kecamatan Wongsorejo yang merupakan salah satu daerah dengan populasi besar di Banyuwangi. Kecamatan ini menampilkan sapi ras simental calon kereman yang berbobot 1 ton lebih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung 2 Hari

Parade dilanjutkan dengan penampilan kontingen-kontingen dari kecamatan lain yang menampilkan ternak andalan masing-masing. Sapi berjenis simental menjuarai Banyuwangi Livestock Contest 2023 untuk kategori ekstrem.

Bobot sapi milik Rudiyanto, warga Sumberkencono, Kecamatan Wongsorejo, itu mengungguli sapi lain se-Banyuwangi. Saat ini, sapi itu berusia sekitar 3 tahun.

Kontes hewan ternak ini berlangsung selama dua hari, 19-20 Juni 2023, diikuti 256 hewan ternak unggulan se-Banyuwangi. Ada sapi jenis simental, limosin, rambon Banyuwangi, ongol, serta Brahman. Beragam jenis kambing seperti etawa, peranakan etawa (PE), dan sanen.

Domba juga ada beberapa jenis, di antaranya jenis merino, sopas, hingga batur yang termasuk jenis eksotis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.