Sukses

4.508 Personel Gabungan Amankan Laga Timnas Indonesia Vs Palestina di GBT Surabaya Besok

Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, sebanyak 4.508 personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP untuk pengamanan laga FIFA matchday antara Indonesia versus Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Rabu (14/6/2023).

Liputan6.com, Surabaya - Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, sebanyak 4.508 personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP untuk pengamanan laga FIFA matchday antara Indonesia versus Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, pada Rabu (14/6/2023).

Kombes Dirmanto memastikan, pihaknya bersama stakeholder terkait telah melaksanakan rapat koordinasi, untuk memastikan laga internasional tersebut berjalan lancar.

"Rapat koordinasi terkait pengamanan sudah dilaksanakan pada Jumat pekan lalu," ujar Kombes Dirmanto di Mapolda Jatim, Selasa (13/6/2023).

Dirmanto merinci, personel yang dilibatkan dalam pengamanan terdiri dari 3.385 personel Polda Jatim, 472 personel TNI dari Kodam V/ Brawijaya, 212 personel dari pemerintah daerah, dan 439 personel steward.

"Untuk Pam objek, Polda Jatim siagakan 4.144 personel, Pam rute 232 personel, dan pengawalan 132 personel," ujar Dirmanto.

Dirmanto mengatakan, Polri selaku pendukung bidang keamanan pada kegiatan tersebut akan menyiapkan konsep baru pengamanan dengan berpedoman pada Peraturan Kepolisian (Perpol) nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Kompetisi Olahraga.

"Pengamanan berpedoman pada Perpol nomor 10 tahun 2022," ucap Kombes Dirmanto.

Karoops Polda Jatim, Kombes Pol Puji Santosa mengatakan, kerawanan yang perlu diwaspadai pada laga Timnas Indonesia melawan Palestina adalah adanya konflik suporter baik di dalam dan di luar stadion.

"Maka dari itu, kami benar-benar menyiapkan konsep pengamanan yang ekstra untuk kelancaran dan keamanan selama dan pascapertandingan persahabatan tersebut," ujarnya.

Kerawanan lain yang perlu diwaspadai menurutnya adalah adanya flare yang masuk ke dalam stadion serta adanya aksi kriminalitas selama pertandingan berlangsung.

"Kami berharap para supporter tetap tertib baik selama pertandingan maupun usai pertandingan," ucap Kombes Puji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laga Pemanasan Sebelum Lawan Argentina

Pertandingan kali ini bisa sekaligus dijadikan sebagai sarana pemantapan bagi Skuad Garuda sebelum menjamu lawan yang lebih berat di laga kedua.

Enam+01:10VIDEO: Jesse Lingard Buka Peluang Gabung Bali United Seperti diketahui, anak-anak asuh Shin Tae-yong juga dijadwalkan bersua dengan sang juara Piala Dunia Argentina dalam duel uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023) mendatang.

Sejumlah nama besar yang sempat memperkuat La Albiceleste dalam turnamen sepak bola paling akbar turut diboyong Lionel Scaloni ke Tanah Air. Beberapa di antaranya ialah Julian Alvarez, Enzo Fernandez, hingga Angel Di Maria.

Guna memaksimalkan persiapan menuju laga tersebut, Shin Tae-yong selaku pelatih skuad Garuda telah memanggil 26 penggawa untuk mengikuti pemusatan latihan yang digelar di Surabaya sejak awal pekan lalu.

Juru taktik asal Korea Selatan juga melakukan penebalan di jajaran pelatih dengan mendatangkan duo mantan pemain Timnas Indonesia, yakni Charis Yulianto dan Haryanto Prasetyo guna membantu menggembleng persiapan skuadnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.