Sukses

Kasus Covid-19 di Banyuwangi Naik, Dinkes Imbau Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, mencatat kasus Covid -19 di daerahnya kembali meningkat dalam satu bulan terakhir. Pada bulan April lalu, jumlah orang positif Covid-19 di Banyuwangi mencapai 15 orang. Sedangkan hingga akhir Mei 2023 mencapai 22 orang.

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinkes Banyuwangi mencatat kasus Covid -19 kembali meningkat dalam satu bulan terakhir. Pada April, jumlah positif Covid-19 di Banyuwangi mencapai 15 orang. Sedangkan hingga akhir Mei 2023 mencapai 22 orang.

“Benar kasus Covid-19 di Banyuwangi cenderung meningkat pada Mei ini, meskipun peningkatannya tidak begitu signifikan. Namun jika dibandingkan bulan sebelumnya, bulan ini cendrung meningkat,”ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Amir Hidayat, Kamis (26/5/2023).

Kata Amir, puluhan orang yang terdeteksi positif Covid-19 tersebut, masuk dalam katagori bergejala, yaitu batuk, flu dan gejala lainya. Meski demikian mereka menjalani isolasi mandiri di rumahya masing- masing karena termasuk dalam katagori gejala ringan.

“Pasien tidak dirawat di rumah sakit karena gejalanya ringan, sehingga cukup menjalani isolasi mandiri di rumah dan dalam pemantauan petugas kesehatan,” tambah Amir.

Menurut Amir, untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih massif, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan cara memkai masker dan sering melakukan cuci tangan.

“Satu- satunya untuk pencegahan lebih luas, yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara tetap memakai masker, dan hansanitizer. Terlebih lagi di dalam keruuman besar maupun didalam ruangan yang tertutup,”paparnya

Selain itu kata Amir, vaksinasi Covid-19 juga perlu dilakukan, untuk meningkatkan kekebalan komunal atau kekebalan kelompok. Untuk itu, masyarakat yang belum melakukan vaksin covid-19  diharapkan untuk segera melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan yang tersedia.

“Vaksinasi Covid-19 juga penting, untuk mencegah kembali meningkatnya penyebaran Covid-19, di kalangan kita di Banyuwangi," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Capaian Vaksinasi Booster Kedua Rendah

Di Banyuwangi, hingga Mei 2023 capaian vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster ke 2 masih sangat rendah yaitu berada di angka 3 persen. Sedangkan vaksin booster pertama berada di angka 40 persen.

“Ini kalau untuk vaksin booster kedua  tidak ada peningkatan yang signifikan masih di angka 3 persen. Sedangkan dosis pertama capainya masih sekittar 40 persen. Ini terus kita pacu agar lebih meningkat,”papar Amir.

Sedangkan untuk vaksin dosis pertama berkisar diangka 80 persen, dan dosis ke dua mencapai 70 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.