Sukses

Penuh Haru Adik Wakili Kakaknya yang Meninggal Wisuda di Unej, Ibunda Sempat Pingsan

Acara wisuda di Universitas Jember (Unej) diwarnai rasa haru. Sebabnya, ucapan selamat dan ijazah salah satu wisudawan dari Fakultas Kedokteran (FK) atas nama Larasayu Putri Asyahrie, diberikan Rektor dan Dekan FK Universitas Jember kepada sang adik, Senja Kirana Mayang.

 

Liputan6.com, Jember - Acara wisuda di Universitas Jember (Unej) diwarnai rasa haru. Sebabnya, ucapan selamat dan ijazah salah satu wisudawan dari Fakultas Kedokteran (FK) atas nama Larasayu Putri Asyahrie, diberikan Rektor dan Dekan FK Universitas Jember kepada sang adik, Senja Kirana Mayang.

Kebahagiaan saat wisuda yang biasanya dirayakan berganti ingatan akan duka karena Larasayu telah meninggal dunia pada 8 Maret 2023 lalu akibat sakit. 

Sebagai salah satu bentuk penghormatan, panitia wisuda Unej menayangkan foto-foto almarhumah Larasayu semasa menuntut ilmu di kampus Tegalboto.

Keharuan makin menyeruak di Gedung Auditorium kala sang ibu yang turut hadir datang dari Mataram, Nusa Tenggara Barat, Wiwik Budi Lestari, tak bisa menahan kesedihan sehingga sempat tak sadarkan diri dan harus didampingi panitia. 

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Ulfa Elfiah, almarhumah Larasayu dikenal sebagai mahasiswi berprestasi terbukti skripsinya mendapatkan nilai A dan Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) mencapai 3,11.  Laras juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di kampus.

“Sebenarnya Laras sudah mulai menjalani program pendidikan profesi dokter sembari menunggu wisuda. Namun takdir berkata lain, Laras berpulang ke Rahmatullah akibat sakit. Namun pelajaran yang bisa kita ambil adalah semangat almarhumah yang terus berjuang dan selalu bangkit saat menghadapi tantangan apapun,” tuturnya.

Rektor Unej Iwan Tarunamenyatakan, wisuda kali ini istimewa. Pertama karena bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

"Kedua karena dalam sebulan dilakukan wisuda untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya wisuda periode VI digelar pada tanggal 6 Mei 2023 lalu," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggota DPR Juga Ikut Wisuda

Selanjutnya ada satu lulusan yang diwisuda secara anumerta. Dan yang terakhir ada salah satu anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P yang diwisuda, yakni Sonny T Danaparamita yang lulus dari Program Studi Magister Ilmu Hukum FH Universitas Jember.       

Tampil sebagai wisudawan berprestasi di jenjang doktoral (S3) adalah Dr. Ir. Henik Prayuginingsih, MP., dari Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian dengan IPK 3,94.

Predikat wisudawan berprestasi di jenjang magister (S2) disandang dua wisudawan, yakni Arum Hikmatul Afifah, S.Pd., M.Pd., dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP dan Fradana Putra Disantara, SH., MH., dari Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Keduanya mencetak IPK sempurna atau IPK 4,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.