Sukses

70 Kios Hangus Akibat Kebakaran Malang Plaza, Api Diduga Berasal dari Lantai Tiga

Pusat perbelanjaan Malang Plaza di Jalan Agus Salim ludes dilalap api pada Selasa (2/5/2023) dini hari. api diduga berasal dari lantai tiga.

 

Liputan6.com, Malang - Pusat perbelanjaan Malang Plaza di Jalan Agus Salim ludes dilalap api pada Selasa (2/5/2023) dini hari. api diduga berasal dari lantai tiga.

Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, mengatakan bahwa berdasarkan data awal yang diterima dari Pemadam Kebakaran Kota Malang, sumber api diduga kuat berasal dari lantai tiga dan terjadi kurang lebih pada pukul 00.30 WIB.

"Informasi sementara (api) diduga berasal dari lantai tiga, kondisinya sudah habis," kata Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan, untuk melakukan pemadaman api yang membakar salah satu pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan kawasan Alun-Alun Kota Malang tersebut, ada kurang lebih sebanyak 13 mobil pemadam yang diterjunkan.

Menurutnya, sebanyak 13 mobil pemadam kebakaran tersebut berasal dari Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kota Batu. Petugas telah melakukan proses pendinginan pada pusat perbelanjaan tersebut pada Selasa pagi.

"Dilakukan pembasahan, pada lantai dua," katanya.

Ia menambahkan, petugas pemadam kebakaran sudah melakukan pembasahan pada tiap sisi bangunan agar tidak merembet pada bangunan lain yang ada di sekitar pusat perbelanjaan itu. Sebagai informasi, Malang Plaza berada pada deretan kompleks pusat perbelanjaan.

"Sudah dilakukan pembasahan supaya tidak menjalar ke bangunan yang lain," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

70 Kios Hangus

Terkait dengan nilai kerugian akibat kebakaran tersebut, Pemerintah Kota Malang akan melakukan koordinasi dengan pihak pengelola dan manajemen pusat perbelanjaan tersebut. Termasuk untuk memastikan berapa banyak pelaku usaha yang terdampak.

"Akan berkoordinasi dan mendirikan posko aduan, berapa jumlah yang terdampak. Ada kurang lebih 60-70 kios, nanti akan kita identifikasi dengan manajemen termasuk kerugian," katanya.

Pusat perbelanjaan Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Pusat perbelanjaan itu merupakan salah satu sentra jual beli telepon genggam dan juga terdapat ritel pakaian dan bioskop.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.