Sukses

BI Jember Imbau Warga Waspada Uang Palsu di Jasa Penukaran, Kenali Ciri-Ciri Rupiah

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Yukon Afrinaldo mengimbau masyarakat waspada peredaran uang palsu menjelang Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jember - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Yukon Afrinaldo mengimbau masyarakat waspada peredaran uang palsu menjelang Lebaran 2023.

Uang palsu biasanya sering beredar dari jasa penukaran uang di luar perbankan dan transaksi di tengah masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri, apalagi masih banyak warga yang belum memahami dengan baik uang rupiah emisi 2022.

"Kami terus melakukan sosialisasi dan kampanye keaslian uang rupiah untuk mengantisipasi peredaran uang palsu," katanya, S elasa 11 April 2023.

Selain melakukan sosialisasi secara khusus terkait keaslian rupiah, lanjut dia, pihak Bank Indonesia Jember setiap dalam kegiatan UMKM atau literasi keuangan selalu menyelipkan materi tentang ciri-ciri uang rupiah.

"Persentase peredaran uang palsu di wilayah kerja BI Jember masih kecil dan kami yakin pemahaman masyarakat lebih baik terkait uang rupiah, meskipun masih ada yang belum mengenal dengan baik uang rupiah emisi 2022," tuturnya.

Ia mengimbau masyarakat yang menukar uang pecahan baru untuk kebutuhan Lebaran melalui kas keliling yang disediakan Bank Indonesia melalui aplikasi pintar dan pihak perbankan yang siap melayani penukaran uang.

"Kami juga bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yakni babinkamtibmas dan babinsa untuk menekan peredaran uang palsu," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Rp 1,6 T Uang Pecahan

Berdasarkan data Bank Indonesia Jember, jumlah uang palsu beredar di wilayah kerjanya meliputi Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi selama Januari hingga Maret 2023 sebanyak 382 lembar.

Sementara itu, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember menyediakan sebanyak Rp1,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukar uang pecahan baru untuk momentum Lebaran 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.