Sukses

Awal Ramadhan, Jumlah Penumpang Bandara Juanda Naik 6 Persen

Liputan6.com, Surabaya - General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar menyatakan, jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara di Bandara Internasional Juanda mengalami kenaikan saat awal Ramadhan 1444 Hijriah.

Selama sepekan terakhir tercatat sejumlah 243.258 penumpang atau meningkat 6 persen jika dibanding jumlah penumpang di pekan sebelumnya yakni 229.481 penumpang.

"Momen awal Ramadhan 1444 Hijriah yang sekaligus berdekatan dengan cuti bersama Hari Raya Nyepi 2023 tampaknya dimanfaatkan para penumpang untuk melakukan perjalanan," katanya, Rabu 22 Maret 2023.

Ia mengatakan jumlah penumpang mencapai lebih dari 40 ribu sejak Jumat hingga akhir pekan lalu.

"Bahkan trafik pada Jumat (17/3/2023) sejumlah 43.193 penumpang sementara ini menjadi yang tertinggi di tahun 2023," katanya.

Meski jumlah penumpang sudah jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya setelah pandemi COVID-19, Sisyani mengaku trafik saat ini baru mencapai 70 persen dibanding kondisi sebelum pandemi.

"Di masa normal yang lalu rata-rata harian kami bisa melayani 55 hingga 60 ribu penumpang di periode 'peak season'," katanya.

Disinggung terkait operasional bandara Juanda pada saat Nyepi, dirinya menjelaskan bahwa Bandar Udara Internasional Juanda akan tetap normal beroperasi meski tidak melayani rute dari dan menuju Bali.

Pemberhentian operasional sementara rute dari dan menuju Bali ini dilakukan karena Bandara I Gusti Ngurah Rai tidak melayani operasional penerbangan saat Nyepi (Silent Day), yang dimulai Rabu, tanggal 22 Maret 2023 pukul 06.00 WITA hingga Kamis, 23 Maret 2023 pukul 06.00 WITA sesuai Notice To Airmen (NOTAM) Nomor A0018/23 NOTAMN.

"Hal ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada saat Hari Raya Nyepi dan pemberitahuan tersebut sudah disosialisasikan kepada seluruh pengelola bandara ataupun kepada calon penumpang," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Surabaya Bali Normal Kembali Kamis

Menurut dia setidaknya ada 12 penerbangan tujuan Surabaya-Bali dan sebaliknya, yang tidak dioperasikan selama Hari Raya Nyepi atau pada Rabu 22 Maret 2023. Penerbangan tersebut dilayani oleh Lion Air dengan 5 frekuensi penerbangan, kemudian Air Asia dan Citilink 3 kali penerbangan dan Garuda Indonesia sekali penerbangan pulang-pergi.

"Para pengguna jasa bandara tidak perlu khawatir karena penerbangan dari Bandara Juanda menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai akan beroperasi normal kembali pada Kamis, 23 Maret 2023," ujarnya.

Sesuai jadwal, penerbangan langsung (direct flight) pertama rute Bali pasca pelaksanaan Nyepi adalah Air Asia Bali-Surabaya yang akan mendarat pukul 07.00 WIB.

"Kami mengimbau kepada seluruh calon penumpang untuk dapat memeriksa kembali jadwal keberangkatan dan jika diperlukan dapat menghubungi pihak maskapai terkait,” demikian Sisyani Jaffar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.